.

Rotan untuk melancarkan saluran air tersumbat lemak dan kotoran.

Written by on ,
Rotan untuk melancarkan saluran air tersumbat lemak dan kotoran - hobilari.com. Hasil mengawasi kerjaan tukan bangunan kemarin adalah sebuah alat untuk pembersih saluran air terbuat dari rotan yang panjang, kuat, fleksibel. Kalau sebelumnya beberapa bulan lalu (lebih tepatnya beberapa belas bulan lalu) pernah saya posting artikel tentang melancarkan saluran air bisa ditengok kembali di sini.

Membuat alat pembersih saluran air yang simple dan efektif

  • Rotan fleksible ( pilih yang fleksible, karena ada yang tidak fleksible) dengan diameter maksimal sebesar spidol kecil ( atau kira kira 1 cm diameter). Panjang rotan sesuai panjang saluran air lurus yang akan dibersihkan. Ingat hanya saluran air lurus, karen saluran air yang berbelok sudah tentu tidak dapat dibersihkan dengan cara ini.

  • Paku atau kawat untuk memperkuat ikatan tali senar yaitu sebagai anchor atau pangkal ikatan agar tidak lepas.

  • Tali senar kecil yang alot atau kuat. Untuk mengikat plastik sudu pembersih saluran air

  • Plastik yang tebal namun fleksible, bisa berbahan seperti penutup pagar yang sering di lihat di kos-kosan untuk menutup agar pandangan dari luar tidak langsung masuk ke dalam. Kegunaan plastik untuk membuat sudu atau semacam garu atau alat pendorong kotoran dalam saluran air. Sudu atau garu dalam bahasa jawa akan mendorong kotoran air agar terbawa dorongan rotan fleksible, prinsip kerja nya seperti katup pompa ( baca : kelp).


 

cara-mengatasi-saluran-air-mampet-dengan-rotan

 

Berapa biaya untuk membuat pembersih saluran air dari rotan


Bicara biaya itu relatif, di kota penghasil rotan mungkin murah, di kota yang bukan penghasil mungkin mahal, atau bahkan di luar negeri tidak ada rotan sehingga bisa diganti selang fleksibel yang kuat menerima dorongan dari ujung saluran air.

  • Harga rotan fleksible dulu masih murah sekitar 30 ribu per 4 meter, sekarang sudah mahal karena bahan ini juga tidak mudah didapat, pembelian terakhir seharga 60 ribu per 4 meter. Saya memiliki sekitar 18 meter panjangnya yang sangat cukup untuk membersihkan saluran air sepanjang 15 meter.

  • Paku, tali senar kuat, dan plastik, sepertinya bisa gratis dengan sedikit bersosial dengan tetangga apabila tidak punya, atau menggunakan barang bekas di sekitar kita. silahkan minta ke saya..hehe.



Cara membuat pembersih saluran air dari lemak.


Cukup mudah membuatnya, saya tidak perlu jabarkan lebih luas, intinya buatlah seperti gambar di atas. Pastikan bentuk sudu, garu atau plastik pendorong yang berwarna putih it hampir sebesar lubang pipa saluran air yang akan dibersihkan. Jangan sampai lebih besar karena pasti tidak akan bisa masuk, dan jangan juga terlalu kecil karena tidak akna efektif membersihkan dan mendorong kotoran dalam saluran air.

melancarkan-saluran-air-dengan-mudah

 

Cara menggunakan alat pembersih saluran air dari rotan.


Setelah tersusun sedemikian rumpa seperti pada gambar maka masukkan rotan fleksible dengan ujung yang telah dipasang sudu dari plastik lalu dorong masuk ke saluran air,dorong terus gerakkan maju mundur untuk menyentuh dinding saluran air bagian dalam, sambil melakukan pembersihan ini maka guyurkan air volume tinggi misalnya dari ember besar untuk membantu mengangkut kotoran dan lemak yang telah di-sikat dengan sudu plastik. lakukan gerakan ini berulang sampai dirasakan saluran air anda bersih dan bebas kotoran. Demikian tips singkat yang hobilari.com bisa berikan untuk pembaca semoga bisa bermanfaat.

 

 

No comments:

Post a Comment

.