.

cara memasang papan tulis di gypsum supaya kuat

Written by on ,
Cara memasang papan tulis di gypsum supaya kuat - Hobilari. Saat ini penggunaan papan gypsum untuk partisi antar ruang adalah hal umum. Coba tengok penggunaan partisi antar ruang pada kantor, terutama kantor yang menyewa tempat untuk usaha. Kantor tersebut tentu perlu untuk melakukan renovasi sebelum bisa digunakan.

Case yang sering dialami adalah perlu untuk memasang atau menggantung plakat, atau papan tulis pada dinding yang terbuat dari lembar gypsum. Sekedar memasang dengan paku atau setrup saja tentu akan membuat sobek papan gypsum. Ini karena papan gypsum hanya terbuat dari bubuk gyspum yang dicetak pada bentuk lembaran lembaran, lalu pada kedua sisinya ditutup kertas yang cukup tebal. Pernahkah memegang bahkan menekan papan gypsum, dengan sedikit tenaga saja papan tersebut bisa tertekuk.



Kondisi seperti ini adalah satu kelemahan dari gypsum, namun jangan kuatir, telah ada cara bagaimana menggantung papan tulis atau benda lainnya seperti lukisan secara aman dan kuat di dinding gypsum.

  • Bila anda mengetahui sejarah pemasangan gypsumnya, maka pakulah/sekruplah hanya pada bagian rangka. Biasanya rangka terbuat dari rangka baja ringan (hollow tube) berbentuk U atau bisa pula terbuat dari rangka kayu. Untuk dapat mengingat dimana dan bagaimana peletakan rangkanya akan sangat membantu bila anda telah melakukan dokumentasi pemasangan gypsum sebelumnya.

  • Bila anda tidak pasti tahu dimana letaknya maka anda amati papan gypsum pada jarak 2-3 meter, rasakan adanya perbedaan kontur, dimana bagian bekas paku yang telah tertutup stiker kertas untuk finishing gypsum biasanya dapat terlihat, lakukan perabaan juga pada bagian permukaan gypsum untuk menemukan titik pemasangan sekrup atau paku yang kuat.

  • Bila anda tidak pasti tahu dimana rangka berada, maka gunakan jarum untuk memeriksa permukaan gypsum dimana rangka berada. Untuk menjaga estetika permukaan gypsum agar tidak rusak ketika anda memeriksa maka periksalah dengan jarum pada bagian bawah yang terletak 3-5 cm dari lantai. Tidak perlu kuatir bila ada lubang pada lembar gypsum karena anda bisa menutupnya dengan cat , terutama bila memang anda suka melakukan perbaikan ringan yang dilakukan sendiri di rumah.

  • Bila anda tidak menemukan rangka sama sekali, anda boleh menggunakan paku khusus untuk menggantung lukisan di dinding berbahan gypsum, paku ini perlu anda masukkan dulu dengan menggunakan bor atau membuat lubang dengan obeng minus, lalu bagian pengencang anda putar agar mekanik bagian dalam mencengkeram bagian dalam gypsum. Dengan mekanisme seperti ini maka anda dapat memasang lukisan dengan lebih aman dan kuat. Mohon diperhatikan berat papan atau lukisan yang akan digantung.

Demikian sekedar tips singkat tentang bagamana cara menggantung lukisan atau papan tulis ringan pada dinding yang terbuat dari papan gypsum. Selalu sebelum mengerjakan sendiri pekerjaan ringan ini harap dibaca semua petunjuk pemakaian dan keamanan kerja.

No comments:

Post a Comment

.