.

Kelebihan SSD - Solid State Drive dibanding HDD

Written by on ,
Kelebihan SSD - Solid State Drive dibanding HDD - Hobilari. Setelah sekian lama penulis sibuk dengan pekerjaannya, kali ini Hobilari pengen sharing tulisan tentang SSD. Kali ini bahasan adalah tentang komputer dan laptop. Dua barang ini pastilah akan sangat sering kita jumpai ya, ditengah sangat maraknya pertumbuhan Gadget android dengan RAM dan processor yang sudah menyamai komputer atau laptop.

Di tengah gencarnya pertumbuhan gadget, bagi saya komputer tetap tak tergantikan, ya jelas karena saya merasa mengerjakan pekerjaan berat seperti rendering video HD berukuran resolusi 1280 x 720, 1920 x 1080 tentu memerlukan hardware yang kuat, robust, tahan banting, dan tetap berlari atau kencang. Dan untuk semua alasan itu kenapa saya masih saja mempertahankan menggunakan komputer daripada laptop. Memang sih untuk laptop sangat membantu bila mobilitas tinggi, namun bila seperti saya seorang pekerja dari rumah tentu saya lebih mendapatkan manfaat lebih dengan menggunakan desktop yang powerfull.



Seiring dengan kebutuhan saya, tentu saya melakukan serangkaian upgrade seperti dari RAM yang semula hanya 1-2 GB sudah diupgrade ke RAM 5 GB, belinya ke Aliexpress, karena komputer saya adalah komputer jadul namun powerfull sehingga RAMnya sudah tidak mudah untuk beli di dalam negeri, kalau pun ada biasanya harganya sangat mahal. Karena sering saya browsing di Aliexpress maka saya pesan saja langsung ke Aliexpress. Pengiriman barang dari Aliexpress bervariasi, kadang sampai cepat sekitar 5 hari ( ini record paling cepat) dan pernah pula sampai hampir dua bulan. Nah untuk itu harus pinter pinter mengatur, bila memang memerlukan barang tersebut dengan sangat maka lebih baik menggunakan layanan pengiriman berbayar, seperti Aliexpress Priority Shipping yang sampainya antara satu sampai dua minggu, atau bisa pula menggunakan jasa kurir internasional seperti DHL, atau FEDEX. Sesuaikan saja dengan hargan barang, bila beli barang berharga tinggi seperti notebook ya sekalian saja menggunakan kiriman yang cepat dan terjamin aman.

]

Setelah upgrade RAM, saya memikir untuk upgrade VGA card, setelah menimbang sepertinya saya tidak perlu upgrade VGA card karena saya tidak main game, maka saya memutuskan untuk membeli SSD atau Solid State Drive. Nah kebetulan pula karena ada dana dari blog ini sebesar sekitar $50 di Paypal maka saya gunakan saja untuk berbelanja di Ebay. Saya memilih SSD sesuai dana yang saya miliki, kapasitasnya kecil namun memang saya kebutuhannya hanya sistem operasi, sedang datanya pasti akan saya simpan di drive D sendiri yang merupakan hardisk ukuran 2.5 inch yang rencanannya adalah lepasan dari hardisk PC. Jadi SSD hanya murni untuk menjalankan OS dan program yang saya pakai saja, tidak untuk melakukan penyimpanan data.

Barang tak kunjung datang sudah hampir dua bulan, sudah kontak seller untuk memberikan tracking number tapi memang layanan yang saya pakai tidak ada tracking numbernya. Akhirnya karena menunggu terlalu lama saya membeli saya Samsung SSD 750 EVO, ukuran 120GB, ukuran ini sudah sangat cukup lah untuk saya, karena kan sudah saya bilang tadi bahwa saya hanya perlu untuk instalasi sistem operasi saja, tidak untuk gaming atau editing kelas berat.

Menggunakan layanan sehari sampai akhirnya barang yang ditunggu yaitu SSD sampai juga ke rumah ( ini yang SSD Samsung, bukan yang saya beli dari ebay), segera saja saya baca buku manual dengan baik. Kenapa harus baca buku manual? ya itu sudah jadi kebiasaan saya untuk selalu membaca buku manual dari semua barang yang saya beli.

Setelah menguasai cara memasangnya segeralah saya mengerjakan proses penggantian HDD ( Hard Disk Drive) ke SSD, untuk memudahkan pembaca saya buat rincian seperti ini prosesnya

  1. Melakukan Cloning OS -  Operating System, bila anda tahu OS anda saat ini masih dalam kondisi baik, belum banyak file sampah, maka bisa lanjutkan langsung dengan Cloning OS, di sini sangat mudah karena untuk SSD merk Samsung disediakan Samsung Data Migration, ini tidak disertakan di paket penjualan, tapi langsung saja di download di situs SSD Samsung. Untuk proses satu perlu melakukan pengopian antara HDD dengan SSD

  2. Melakukan Instalasi Windows ( Fresh Install), bila anda merasa OSnya perlu disegarkan maka sekalian saja melakukan clean install atau install Operating System dari awal. Ingat sesuaikan ya, bila processor anda 32 bit ya install OS 32 bit, bila processor anda 64 bit maka untuk memaksimalkan kinerja memory maka gunakan saja sistem operasi 64 bit. Untuk proses dua ini maka HDD yang lama dilepas, lalu diganti dengan SSD, lalu lakukan pengaturan di BIOS, start PC dan lakukan instalasi OD

  3. Setelah proses 1/2 sudah selesai dan sistem anda sudah running menggunakan SSD maka tentunya perlu dilakukan setting agar kinerja SSD bisa bagus, untuk itu ada software bawaan dari Samsung yaitu Samsung Magician yang dapat mengoptimalkan kerja SSD berdasarkan hardware yang ada di komputer anda.

Hasil Nyata yang dirasakan setelah berganti SSD

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=PWSM3qVPHkQ[/embed]

Booting sangat cepat, awalnya dengan HDD perlu waktu 60-90 detik, sekarang perlu waktu hanya 15-20 detik, untuk shutdown biasa perlu 30 detik sekarang hanya 3 detik. Tentunya lakukan pengaturan optimal pada bagian startup program yang akan diload pada saat PC startup, semakin banyak program diload pada saat opening windows tentu akan membuat komputer bekerja lambat.

Untuk mobile computer seperti laptop atau netbook, menjadi lebih dingin, baterai menjadi lebih awet, dan ini yang paling enak yaitu sekarang netbook atau laptop lebih aman dibawa bawa dalam keadaan menyala karena di SSD tidak terdapat mekanisme cakram putar sehingga lebih aman untuk dibawa atau lebih aman dari goncangan.

Sebagai gambaran ini saya kasih video diatas, berisi rangkaian proses penggantian SSD. Video ini dari seorang rekan yang hobi IT dan melakukan serangkaian project project DIY atau Do It Your Self. Selamat menikmati semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

.