.

Alat Pembayaran Internasional

Written by on ,
Alat Pembayaran Transaksi Internasional - Hobilari. Dampak positif dari adanya globalisasi dan kemajuan industri internet serta teknologi informasi membuat banyak kemudahan, salah satunya kemudahan dalam berbelanja online internasional. Saya sendiri termasuk pengguna internet yang beberapa kali membeli barang dari luar negeri, seperti komponen LED Driver untuk pengganti Driver LED senter saya yang rusak karena jatuh dan tidak mungkin untuk diperbaiki lagi, atau membeli domain dan hosting website. Beberapa kali pula saya ikut bid di marketplace internasional karena ada beberapa barang berkualitas yang ditawarkan secara lelang dengan murah.Untuk mengakomodasi kemudahan transaksi dengan seller di luar negeri saya menggunakan beberapa media pembayaran sebagai berikut

 Kartu Kredit
Pada awalnya saya menggunakan kartu kredit untuk membayar transaksi saya. Namun belakangan ini saya sudah sangat mengurangi traksaksi internasional menggunakan kartu kredit secara langsung. Kalau terpaksa menggunakan, maka kartu kredit saya gunakan untuk topup dari media pembayaran internasional yang lainnya, karena dengan cara ini saya bisa membatasi (limit) dana yang dipakai. Hal ini saya lakukan agar keamanan kartu kredit saya tetap terjamin.

Virtual Card Number
Virtual Card Number sebenarnya sama dengan kartu kredit, namun tidak secara langsung menghubungkan transaksi dengan nomor kartu kredit, tanggal expire, dan VCC sebagai kode tambahan keamanan. Sebagai gantinya maka VCN akan menerbitkan one time entry berisi data nomer (virtual) credit card, expire date, dan kode tambahan atau VCC. Untuk bisa mendapatkan VCN maka saya telah mengaktifkan fitur ini pada salah satu akun bank saya. Untuk bahasan ini akan saya bahas tersendiri.

Paypal
Saya memiliki akun Paypal yang telah saya verifikasi, saya gunakan untuk membayar transaksi internasional seperti pembelian domain atua hosting, dan untuk pembayaran pembelian barang dari luar negeri. Saya bisa menggunakan kartu kredit atau Virtual Card Number untuk transaksi atua top up kdana atau saldo yang ada dalam akun paypal.

Moneybookers/Skrill
Saya juga memiliki akun Moneybookers/Skrill yang telah full verified baik alamat, bank account, maupun kepemilikannya. Proses verifikasinya memakan waktu sekitar dua bulan. Akun Moneybookers/Skrill ini saya gunakan untuk transaksi dimana buyer tidak memiliki akun Paypal. Untuk cara pendaftaran dan proses verifikasi akan saya bahas tersendiri.

No comments:

Post a Comment

.