.

Cara menjaga kilau plastik

Written by on ,
Cara menjaga kilau plastik - Hobilari. perlu kita ketahui karena ternyata kalau dilihat banyak sekali di sekitar kita peralatan yang menggunakan bahan bahan plastik, vynil, dll sejenis plastik. Dimana bahan bahan tersebut lambat laun akan mengalami perubahan warna, deformasi, bahkan getas, atau rapuh.

Coba sekarang kita masuk ke gudang masing masing, coba tengok ada banyak peralatan terbuat dari plastik, beberapa peralatan yang masih tersimpan di dalam kardusnya sejak beli sampai sekarang ternyata lebih awet, baik dari warnanya maupun dari debu, namun tak menutup kemungkinan permukaan plastik terkena jamur, komponen elektroniknya lembab, jadi sarang semut atau bahkan jadi sarang hewan semacam tawon yang membuat sarang dari tanah liat kering, ini terutama untuk peralatan yang tidak tertutup rapi.

Tips dari saya secara pribadi dalam merawat barang barang koleksi biar tetap awet adalah sebagai berikut :

  • Wajib disimpan dalam keadaan bersih, jadi setiap kali habis digunakan misalnya grass trimmer yang sering saya pakai di akhir minggu untuk memotong rumput pasti saya bersihkan dulu sebelum disimpan.

  • Wajib disimpan dalam keadaan tertutup, gunakan cara yang telah saya bahas di sini tentang cara membuat peralatan tetap awet terlindung ketika disimpan dalam waktu lama.

  • Wajib disimpan dalam keadaan kedap dan diberi anti lembab, caranya dengan menambahkan bahan penarik kelembaban.

  • Sesekali perlu diinspeksi apakah ada kerusakan bungkus yang mengakibatkan pelindung menjadi terbuka sehingga berpotensi dimasuki hewan yang kemudian menjadikannya sebaga sarang. Termasuk juga untuk memeriksa apakah bahan penarik kelembapan sudah harus diganti karena pemakaian.

Tips diatas berasal dari pengalaman pribadi, karena memang dari dulu dan bahkan dari kecil sudah dipesan sama Bapak Ibu untuk selalu merawat barang barang yang dimiliki agar tetap awet.

2 comments:

  1. […] Bersihkan mesin potong rumput selalu setelah digunakan, cara pembersihan awalnya dari semua kotoran yang menempel, biasanya berupa potongan rumput rumput yang sangat kecil menempel pada body mesin potong, gunakan kain  kasa lembab untuk mengangkat kotoran, setelah itu keringkan dengan baik. Selesaikan perawatan dengan memberikan cairan pengkilap plastik yang akan menjaga kilap plastik dengan baik, cek caranya di sini. […]

    ReplyDelete

.