.

Cara mengatasi kunci pintu yang macet.

Written by on ,
Cara mengatasi kunci pintu yang macet. Pernah mungkin suatu waktu anda mengalami kesulitan memutar anak kunci pintu, atau pintu bisa ditutup tetapi seperti ada yang kurang pas, atau anda kesulitan menutup pintu sehingga perlu sedikit didorong atau di tarik. Bahasan ini saya persempit pada pintu yang susah dikunci karena kerusakan pada bagian anak pengunci, dan bukan karena posisi pintu yang tidak pas seperti karena kayunya mengalami deformasi atau perubahan bentuk ketika terjadi perubahan suhu sekitar.

Tips yang saya bagi kali ini berdasarkan pengalaman pribadi, sejak tahun 2008 anak kunci memang masih bisa berfungsi baik, namun kemarin saya mengalami kesulitan untuk memutar anak kunci untuk posisi mengunci pintu. Karena saya sibuk saya pakai cara simple saja, sedikit saya tarik ketika akan memutar akan kunci posisi mengunci. Ini bukan hal normal, karena seharusnya anak kunci dengan mudah harus bisa dikunci dengan tanpa tarikan gagang pintu. Menurut saya ada bagian yang tidak pas di bagian pengunci.

Setelah ada waktu longgar saya niatkan untuk bongkar rumah kunci untuk memeriksa bagian kunci karena memang sudah 7 tahun sejak pemasangan.



Pertama lepas semua baut di sisi dalam dan luar. Menggunakan electric power tools untuk membuka baut anak kunci ini terasa sangat mudah karena memiliki RPM sekitar 800-1250 RPM yang cepat untuk melepas baut, ini karena ada dua baut dalam rumah anak kunci ini yang bautnya sangat panjang, sehingga penggunaan power tools akan sangat membantu.

Lepaskan semua baut yang ada termasuk baut yang ada di sisi tengah, simpan dengan baik jangan sampai hilang atau tercecer. Lalu posisikan seperti pada gambar. Gunakan minyak pelumas mesin jahit yang biasa saya gunakan juga untuk melumasi bearing bearing yang kecil. Pada saat memberikan pelumasan dengan cara meneteskan sedikit demi sedikit pastikan minyak tidak menetes berlebihan, untuk itu letakkan rumah kunci yang akan dilumasi di meja lalu lapisi dengan 2-3 lembar tisu yang dilipat agar dapat menyerap kelebihan minyak yang menetes. Pastikan minyak pelumas tidak menetes di lantai karena bisa menyebabkan accident terpeleset karena oil spill. Lakukan pelumasan bagian bagian bergerak dengan baik. Lalu coba masukkan anak kunci ke bagian pengunci dan lakukan gerakan memutar ke kanan ke kiri untuk memastikan pelumasan telah menyeluruh. Seka lagi bagian bawah yang telah diberi pelumasan untuk memastikan tidak ada minyak pelumas berlebih.

Setelah memberikan pelumasan, sekarang anda ambil obeng, dan lakukan pengencangan baut yang ada di bagian bagian anak kunci. Dari pengalaman yang saya dapatkan karena umur pemakaian yang lama dan sering digunakan setiap hari maka bagian dari mekanik pengunci mengalami kelonggaran baut baut dan moving partnya sehingga memungkinkan posisinya tidak pas ketika dilakukan penguncian.

Setelah semua anda lakukan maka sekarang saatnya memasang kembali ke pintu. Pastikan terpasang dengan baik dan tepat, Pelan pelan atur agar baut dapat masuk dengan baik dan tepat sebelum dilakukan pengencangan. Untuk pengencangan dengan power tools pastikan anda menggunakan torsi yang sesuai agar tidak berlebihan dalam memberikan power saat mengencangkan baut rumah kunci.

Sekarang setelah terpasang semua, coba anda lakukan pengujian, bila masih ada yang kurang pas, coba cek ulang apakah pemasangan sudah benar. BIla pemasangan benar maka harusnya anak kunci sekarang sudah bisa mengunci dengan lancar tanpa perlu ditarik. Demikian tips DIY singkat semoga berguna.

No comments:

Post a Comment

.