.

Akurasi aplikasi pengukur denyut jantung

Written by on ,
Akurasi aplikasi pengukur denyut jantung sudah banyak tersedia, bingung mau pilih yang mana dari sekian banyak yang ada. Pada kesempatan ini hobilari ingin sharing satu aplikasi android yang telah dibahas sebelumnya, yaitu Runtastic Pro Heart Rate Monitor. Aplikasi olahraga yang hadir di Google Play ini dapat anda coba dalam versi gratisnya, namun untuk bisa melakukan pengujian seperti yang hobilari lakukan maka perlu aplikasi yang versi full karena pengukuran dilakukan lebih dari 3 kali, ini karena aplikasi free tidak memungkinkan mengukur lebih dari 3 kali dalam satu hari.

Akurasi aplikasi pengukur denyut jantung kali ini hobilari melakukan perbandingan secara manual dengan cara hitung manual selama 60 detik, dilakukan sebanyak lima kali. demikian pula dengan hitung menggunakan aplikasi pengukur denyut jantung runtastic heart rate pro.

Pengambilan sampling denyut dilakukan pada kondisi yang sama yaitu pada kondisi duduk, berturutan antara sampling manual dan diikuti dengan sampling dari aplikasi dilakukan masing masing 5 kali. Hasil sampling di dapat data seperti pada tabel di bawah.



Cara Pengukuran Heart Rate dapat dilihat pada tampilan video di bawah ini



]

Dari tabel tersebut pengukuran secara manual dilakukan secara penuh 60 detik tanpa pembulatan, sedangkan pengukuran oleh aplikasi secara teknis aplikasi akan memerlukan waktu adjustment untuk menilai ritme dari denyut baru kemudian ditampilkan dalam bentuk hitungan final. Jadi disini sepertinya aplikasi melakukan pembacaan pola dalam satu waktu (beberapa detik saja) lalu menampilkan data dalam satuan BPM atau bit per minutes atau hasil perhitungan spot akan dikalikan sistem aplikasi ke dalam satuan satu menit.  Detail perhitungan saya sertakan dibawah, data ini lah yang saya masukkan ke tabel excel sederhana untuk diketahui reratanya.

sampling-pengukuran-denyut-jantung-manual



Akurasi aplikasi pengukur denyut jantung telah kita teliti dan dari hasil  hasil tabel yang saya sajikan, di bagian rerata menunjukkan jumlah hitung denyut semenit adalah 64, sedang jumlah hitung denyut dari aplikasi runtastic adalah 62 BPM atau hanya selisih 2.

Kesimpulan saya sebagai pengguna dari aplikasi android Runtastic Pro Heart Rate Monitor ini adalah reliable untuk dijadikan pengukur denyut jantung, dengan catatan sesekali perlu juga untuk tetap melakukan perhitungan manual secara penuh dalam satu menit sebagai bentuk dari kalibrasi.

No comments:

Post a Comment

.