.

Aplikasi pengukur denyut jantung

Written by on ,
Aplikasi pengukur denyut jantung sekarang dapat dipantau secara realtime dengan menggunakan heart rate monitor. Aplikasi ini saya perlukan untuk memantau heart rate selama berolahraga. Telah banyak tersedia beragam Heart Rate Monitor dengan koneksi ANT, Bluetooth, Wifi Direct (dalam beberapa saat lagi sepertinya), maupun non koneksi wireless atau harus diupload secara manual / Manual Sync dengan kabel data ke komputer untuk dianalisa disimpan dalam record pencatatan.



Fungisi pemantauani dari aplikasi ini tidak hanya untuk olahraga, karena ada berbaga mode aktifitas yang berbeda yang dapat dimonitor dengan menggunakan aplikasi ini.

Zone aktifitas sendiri dibedakan menjadi beberapa antara lain

  • Kondisi Istirahat  atau Resting Zone

  • Aktifitas umum atau General Activity

  • Persiapan Olahraga atau Before Sport

  • Setelah Olahraga atau After Sport

  • Maximum Zone

Kesempatan kali ini hobilari ingin berbagi informasi tentang aplikasi android untuk pengukur denyut jantung. Dari beberapa aplikasi yang ada hobilari memasang aplikasi Runtastic Heart Rate Pro dari Runtastic.

Aplikasi Heart Rate Monitor keluaran Runtastic ini tersedia dalam dua varian, yaitu yang free dan yang berbayar. Seperti biasa saya selalu membiasakan install yang free dulu. Aplikasi yang gratis hanya memberikan 3 kali pengukuran dalam satu hari. Setelaah beberapa kali mencoba saya upgrade ke aplikasi yang Pro atau full dengan membayar sejumlah uang (sekitar 20ribu). Perbedaan aplikasi full ini adalah pengukuran tak terbatas, mau 10 kali atau lebih juga bisa. Aplikasi pengukur denyut jantung yang tak terbatas jumlah pengukurannya ini saya perlukan karena saya perlu membuat heart rate zone mulai dari resting rate, general, before sport, dan after sport seperti yang saya telah sebut dimuka. Hal ini juga penting untuk mengukur target latihan dan latihan yang aman, karena informasi dari peta heart rate zone yang telah dibuat dapat digunakan untuk pedoman latihan yang tepat dan aman.

Aplikasi pengukur denyut jantung keluaran runtastic ini hanya dapat digunakan pada android yang memiliki kamera dan lampu flash (LED Lamp), karena cara kerja dari aplikasi pengukur denyut jantung ini adalah dengan scanning kulit secara langsung, untuk melihat perbedaan warna kulit karena selama proses ukur. Fungsi lampu led kamera adalah menerangi bagian kulit yang akan discan oleh camera. Untuk itu sebelum install aplikasi ini pastikan gadget android anda memiliki kamera dan lampu LED.

No comments:

Post a Comment

.