.

Optimasi blog untuk memberikan layanan lebih baik bagi pembaca.

Written by on ,
Optimasi blog untuk memberikan layanan lebih baik bagi pembaca perlu saya lakukan. Sore ini cukup banyak waktu luang, dikarenakan hari libur weekend ini sedang tidak ada order kerjaan (baca belum ada deal harga dengan client) maka praktis pekerjaan saya hanya istirahat, ternak teri atau anter anak istri dan juga bersih bersih, baik bersih bersih rumah, halaman, ataupun mobil. Hari ini tidak juga olahraga, karena dua hari yang lalu baru saja olahraga. Saya menerapkan minimal seminggu dua kali olah raga running atau lari sekitar 5 KM. Baru besok jadwal saya masuk olahraga lari sore hari bila tidak ada tugas atau order kerjaan.



Di kala senggang seperti ini ya dinikmati saja dengan melakukan pekerjaan yang tertunda seperti misalnya mengurus beberapa blog yang sementara ini kurang saya perhatikan, atau tetap juga berkutat dengan pekerjaan menyiapkan alat alat atau membersihkan alat kerja supaya tetap siap ketika akan dipakai.

Beberapa blog yang saya kelola memang saya biarkan jalan sendiri, karena memang sedang sibuk dengan pekerjaan, dan ketika sekarang semua yang saya lakukan tak ada lagi dan tersisa hanya waktu untuk ngopi maka segeralah saya online dan masuk ke satu panel blog monitoring dari google yaitu google analytic yang sangat bagus untuk memonitor kinerja blog sekaligus melihat secara umum perfoma dari blog yang saya kelola.

Beberapa hari ini memang terjadi peningkatan traffic kunjungan ke blog, saya memantau sekilas dari aplikasi google analytic yang telah saya install di android saya. Dengan aplikasi ini dimanapun saya bisa melakukan monitoring performa blog saya secara umum. Namun bila saya ingin lebih detail mengamati parameter blog yang saya pantau tentunya tetap saya gunakan laptop.

Salah satu hal yang ingin saya ketahui adalah tentang audience atau pengunjung dari blog saya, utamanya saya ingin tahu apakah mereka mengakses dengan menggunakan perangkat mobile atau menggunakan perangkat desktop atau laptop. Hal ini penting mengingat sekarang ini sudah sangat mobile, dan telah terjadi pergeseran trend dari semula mengakses internet menggunakan laptop, sekarang sebagian besar mengakses menggunakan perangkat mobile. Masyarakan memang sudah sangat melek internet sekarang, ini beda sekali dengan 5 tahun lalu, ketika itu bahkan tidak semua teman kantor punya android, atau ditengok ke 10 tahun lalu ketika itu tidak semua teman punya modem dan akses internet. Karena menurut saya akses informasi melalui internet itu sangat penting maka saya rela menyisihkan dana hanya untuk beli akses internet. bila terhitund sejak 2005 atau 10 tahun lalu dimana setiap bulan saya pakai 100ribu untuk akses internet, maka setahun saya keluar dana 1,2 juta dan bila sekarang sudah 10 tahun maka saya sudah menggunakan dana 12 juta untuk akses internet. Kenyataannya sudah lebih besar dari pada itu karena saya memiliki lebih dari 1 perangkat dengan kartu akses yang berbeda, sehingga kebutuhan internet tentunya bisa lebih besar dari 100ribu per bulan.

Poin yang dapat diketahui dari google analytics antara lain overview blog atau web secara umum, reporting yang bisa diatur sesuai keinginan kita, customisasi, dan sesi admin untuk pengaturan. di bagian reporting banyak parameter yang bisa dilihat seperti intelligence events, data realtime, audience blog, acquisition, behaviour, dan conversion. Dari sekian banyak parameter tersebut saya saat ini hanya gunakan beberapa saja. Selebihnya saya akan gunakan apabila saya sudah memerlukannya.

Di dalam google analytic banyak sekali informasi yang dapat diketahui dari suatu blog, saking banyaknya maka bagi yang tidak biasa dengan hal tersebut maka kesan pertama adalah ruwet. Namun sebenarnya tidak demikian, dari panel yang ada saya secara umum hanya menggunakan beberapa, antara lain

Data real time, yang terdiri dari Overview secara umum, dan bila anda ingin lihat lebih detail maka bisa masuk ke bagian Location, Traffic Source, Content, Event, dan Conversion. Dari poin tersebut yang saya pakai hanya location dan traffic source.


Data Traffic Source secara realtime saya gunakan untuk melihat asal kunjungan pembaca blog saya, dari panel data traffic source ini dapat diketahui apakah traffic berasal dari direct, organic, atau referral link.

Dalam bagian Audience, saya bisa mengetahui sisi demographics, yang dapat menampilkan profile audience blog saya secara umum, bila dirinci lagi bisa dipilah dalam age dan gender, namun saya belum memerlukan data ini sehingga saya tidak mengaktifkan atau melakukan pengaturan fitur ini. Fitur Interest juga belum saya perlukan sehingga saya tidak gunakan data ini. Geo adalah fitur yang dapat memberi tahu saya bahasa dan lokasi dari pembaca blog saya.

Fitur behavior menurut saya penting karena saya bisa melihat new audience dan returning audience, frekuensi kunjungan, dan engagement atau keterlibatan. Bila ada pengunjung setia tentunya mereka akan menjadi returning visitors. Dari fitur technology dan mobile saya bisa mendapatkan informasi browser, Operating System, Network, dan perangkat yang digunakan pengunjung.

Dari dua fitur penting yaitu realtime data dan audience di atas saya sudah bisa memperkirakan profil pembaca blog saya, dimana blog saya banyak dikunjungi audience dengan menggunakan perangkat mobil, dengan ukuran layar sekitar 5 inch, dari informasi ini tentunya merupakan masukan bagi saya untuk bisa memberikan performa blog yang tepat untuk pengguna tersebut.

Langkah optimasi yang saya jalankan adalah melakukan mobile compatibilty test, melakukan pengaturan navigasi termasuk penggunaaan shortcode, menggunakan dan mengatur image sesuai jenis image yang paling cepat diloading, agar tampilan blog dapat tersaji dengan ringan, baik dipandang, tepat, dan cepat.



No comments:

Post a Comment

.