.

Android dengan sinyal GPS terkuat

Written by on ,
Android dengan sinyal GPS terkuat - hobilari. Selama perjalanan mudik banyak waktu dihabiskan dijalan, terlebih bila harus mendapat macet karena kepadatan arus lalu lintas selama mudik.

Seperti biasa sebagai orang yang susah tidur, karena tidur sebentar saja sudah segar, sehingga sering harus tersiksa bila perjalanan jauh saya tidak bisa tidur nyenyak, kecuali kalau di pesawat saya sangat biasa tidur (lebih tepatnya tertidur) bahkan sebelum pesawat lepas landas, dan biasa baru bangun ketika dibangunkan oleh mbak pramugari saat dihidangkan makanan, tentunya karena naik pesawat Garuda maka penumpangnya mendapat hot meal selama perjalanan.

Mudik kali ini juga dilewati dengan kemacetan, dan seperti biasa maka gadget android selalu jadi teman menyelesaikan kegalauan di jalan dan merubahnya menjadi posting di blog, namun kali ini karena perjalanan di area luar kota dengan kualias jalan yang tidak seragam, kadang halus mulus jalan hotmix, kadang pula little bit bumpy road, ya sudah saya fokuskan ke testing android yang baru saja saya pegang ( baca : dapat hibah),

Beberapa hal terkait testing yang saya dapat lakukan selama di jalan adalah testing kualitas kamera dan kualitas GPS. Untuk kualitas GPS akan saya bahas terlebih dahulu.

Seperti diiklankan oleh pabrikan pembuat android, diklaim androidnya merupakan yang terkuat dalam tracking posisi di darat dengan menggunakan sinyal satelit, sebagian mengatakan terkuat karena paduan sinyal satelit GPS sebagian lagi mengatakan lebih kuat karena adanya tambahan Glonass Sinyal.

Beberapa android yang pernah saya pegang memiliki kualitas penerimaan sinyal GPS yang bagus sekali seperti android jadul Samsung Galaxy Ace seri 1 ( kalau tidak salah seri S8530) saya beli sekitar tahun 2010, memiliki kekuatan sinyal yang bagus, saya sudah berkali kali coba untuk tracking posisi di darat saat lari menggunakan aplikasi Endomondo, bahkan tanpa sinyal internet dan sinyal telepon masih dapat locking posisi dengan tepat di Google Maps.





Beberapa android seri lain yang lebih baru, dengan tambahan bantuan Glonass sinyal malah tidak bisa, saya tidak perlu sebut nama androidnya yang pasti sudah saya lakukan testing dengan sinyal full pun kadang susah untuk locking posisi satelit.


Kali ini saya testing android terbaru, dengan spesifikasi yang belum saya baca, karena memang baru saja saya terima.

Parameter testing antara lain, testing dilakukan diatas kendaraan ( Kijang Innova) yang melaju dengan kecepatan 70-80 KM per jam, jalur Jalan Daendels pesisir Pantai Selatan Jawa Tengah.

GPS dengan sinyal telepon tanpa sinyal data



GPS saja tanpa sinyal telepon ( posisi flight mode, hanya sinyal GPS)





Seperti hasil di video yang saya unggah diatas, dengan tanpa sinyal data maka GPS android ini tetap dapat locking posisi dengan baik. kemudian setting saya rubah saya rubah, saya matikan sinyal telepon, sehingga masuk dalam mode flight mode, dan sinyal GPS bisa dinyalakan, tidak beberapa jenis gadget yang tidak bisa menyalakan GPS ketika mode flight mode, dengan setting default seperti ini seperti perkiraan saya memang android ini didesain untuk bisa digunakan GPS-nya tanpa bantuan lokasi dari lokasi bts cellular untuk memperkuat locking posisi.

Bagaimana dengan performa baterai?

Sepanjang saya gunakan dari mulai Prambanan ke arah Wates, lalu sepanjang jalan Pesisir Selatan Jawa Tengah, penggunaan sekitar nonstop 3 jam baterai masih bertahan dari 60 - 30%, Penggunaan baterai tidak full  karna memang bila pada posisi jalan lurus saya sering matikan sinyal data / sinyal telepon ( flight mode) untuk menghemat daya.

Dengan adanya fitur stand alone GPS harusnya gadget ini bisa bertahan lebih lama dalam melayani position reporting dengan GPS dan Google Maps, sebagai informasi tambahan agar reporting menjadi lebih tepat maka perlu dilakukan update Google Maps terlebih dahulu ke versi yang lebih baru.

Anda penasaran dengan nama gadgetnya apa? tunggu posting kami lebih lanjut.

1 comment:

  1. […] dapat digunakan dalam keadaan flightmode data/phone, jadi dapat digunakan secara standalone atau dedicated GPS. GPS tetap dapat locking ke satelit walaupun tanpa sinyal data / phone. Dulu saya pernah […]

    ReplyDelete

.