.

Cara mudah menjaga sehat lahir batin setelah lebaran

Written by on ,
Cara mudah menjaga sehat lahir batin setelah lebaran - hobisayalari. Halo sobat hobisaya lari, setelah cukup lama saya tidak update blog ini maka kali ini saya ingin berbagi di blog ini. Setelah puasa Ramadhan selama 1 bulan penuh, ketika tubuh telah dibersihkan dari racun, zat sisa, dan kotoran dengan berpuasa, terasa sekali tubuh menjadi lebih sehat, badan lebih bugar, saya merasakan demikian.

Pada saat puasa kemarin berbagai keluhan tidak enak di badan yang kadang muncul terasa hilang semua, saya percaya karena puasa membawa manfaat sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Pola makan yang teratur dan terkontrol
Istirahat yang cukup
Pikiran, Jiwa, dan Hati yang bersih

Tiga poin penting diatas mendasar kenapa berpuasa memberi manfaat penting bagi tubuh dan jiwa kita, dengan pola makan yang teratur dan terkontrol, yaitu tepat waktu, dan jumlahnya pun terkontrol, bagi saya sehari hanya makan dua kali saat puasa, yaitu saat sahur dan saat berbuka, sedang malam hari menjelang tidur biasanya saya tahun tahun lalu puasa juga tetap makan malam namun tidak untuk tahun ini. Makan hanya dua kali sehari dan makan paling malam sudah jauh jauh waktu dari tidur, dimana buka puasa adalah makan malam saja, sisanya hanya makan ringan maksimal jam 21.00 dan tidur sekitar jam 23-24 telah membuat badan saya lebih langsing dan bugar.

Istirahat yang cukup juga menjadi kunci kesehatan, seperti kita tahu karena puasa saya memiliki waktu tidur yang lebih banyak, yaitu karena siang atau sore hari saya sempat tidur barang satu jam, ini adalah hal tidak biasa dengan saat tidak berpuasa, ini terbukti kok seminggu setelah puasa Ramadhan 2016 saya sudah jarang sekali bahkan tidak pernah tidur siang, dari pagi sampai sore sudah beraktifitas padat. Apalagi ketika market trading saham sudah buka, maka bisa dipastikan sudah sibuk memantau pergeakan harga saham dari jam 09.00 -16.00 wib, degan waktu istirahat siang hari hanya jam 12 - 13.30. Sore hari karena sudah bosen dengan aktifitas yang penuh maka saya hanya isi dengan olahraga bila sempat, lalu baca-baca yang ringan melalui android dan sisanya bercengkrama dengan keluarga.

Berpuasa adalah menjaga jiwa juga dari hal hal yang negatif, maka ini penting juga diterapkan dalam keseharian agar pengaruh dari bersikap positif memberikan dampak yang bagus untuk raga kita.

Sekilas tips untuk menjaga berat tetap stabil setelah puasa adalah berperilaku seperti ketika puasa, yaitu menjaga asupan makan yang teratur dan terkontrol, menjaga istirahat yang cukup dan berkualitas, dan ketiga yang penting juga adalah menjaga jiwa, antara lain berfikir positif, optimis, semangat, dan berserah diri setelah semua usaha yang kita lakukan. Itulah kunci penting untuk bisa sehat badan dan jiwa selepas puasa

No comments:

Post a Comment

.