.

Solusi RAM cepat habis di android kitkat.

Written by on ,
Solusi RAM cepat habis di android kitkat. Barang kali ini adalah sering dialami banyak rekan penggunaa gadget androit. Terutama bagi pengguna gadget dengan RAM terbatas dibawah 1 GB. Seperti kita tau saat ini banyak dirilis gadget android entry level dengan sistem operasi Kitkat namun hanya dibekali dengan RAM yang sangat terbatas. RAM yang disematkan di android entry level tersebut tak jarang hanya sebesar 500MB - 1 GB. Ini akan terasa sangat kurang ketika menjalankan banyak fungsi dan aplikasi secara simultan.

cara-membuat-super-note-di-android

Saya sekarang mencoba 3 buah gadget dengan RAM 500MB, 1GB dan 2GB. Dari ketiga gadget dengan RAM bawaan yang berbeda tersebut tentunya memiliki kinerja yang berbeda, walaupun sistem operasinya sama sama menggunakan Kitkas OS terbaru (sudah saya set ke autoupdate dari bawaan vendor). Android dengan RAM kurang tentunya kinerja lebih lambat ketika harus berpindah atau multi aplikasi. Selain itu yang terasa adalah ketika menggerakan layar (scrolling) terasa ada lagging yang terasa.

Sebagai perbandingan, saya saat ini menggunakan gadget android bersistem operasi Kitkat, dengan RAM bawaan gadget sebesar 2 GB pernah beberapa kali terasa lagging atau telat ketika berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Ini adalah gadget dengan RAM 2GB bagaimana bila RAM dari gadget kurang dari  itu misalnya 500MB dengan sistem operasi Kitkat dan banyak menjalankan aplikasi bersamaan.

Solusi RAM cepat habis di android Kitkat maupun sistem operasi lain tidak dapat diselesaikan dengan penambahan memory fisik layaknya pada desktop atau laptop. Terus bagaimana cara mengatasi supaya android tetap dapat berkinerja bagus dan cepat. Berikut solusi yang saya kembangkan berdasar pengalaman pribadi.

Install aplikasi managemen memory, ini berlaku untuk gadget yang mana customized OS dari pabrikannya belum menyematkan memory management feature, sehingga perlu aplikasi tambahan untuk melakukan clear memory dari aplikasi yang tidak digunakan.

Inventaris ulang daftar aplikasi yang telah diinstall dan membuat kategori berdasar prioritas. Kategorikan dalam aplikasi penting (terutama anda pedagang online) dan aplikasi kurang penting. Bila perlu uninstall aplikasi yang menurut anda tidak anda gunakan. Hanya memenuhi memory di gadget android anda. Hanya mengaktifkan aplikasi yang masuk dalam prioritas tinggi.

Melakukan managemen penempatan aplikasi, yaitu pindahkan aplikasi ke SD card, selain untuk membuat lega memory internal, juga sekaligus sebagai backup bila aplikasi anda hilang.

Lakukan operasi pembersihan sampah di gadget anda secara rutin, yaitu sampah dari sisa folder aplikasi yang telah anda uninstall ataupun junk file atau aplikasi berukuran sangat besar misalkan film. Pindah file ukuran besar ke dalam memory card anda. Untuk kinerja terbaik selalu gunakan SD card dengan kecepatan tinggi agar access time menjadi tinggi sehingga android kinerjanya juga terdukung.

No comments:

Post a Comment

.