.

Hal-hal penting terkait saluran air di rumah

Written by on ,
Hal-hal penting terkait saluran air di rumah

 

Hobilari.com pada kesempatan ini ingin mengangkat lagi tulisan tentang hal terkait rumah, khususnya tentang segala hal tentang saluran air di rumah. Topik bahasan ini adalah topik yang mungkin sering dialami oleh pembaca sekalian, mengingat setiap rumah pasti memiliki saluran air, bagaimana dan apa saluran air itu? mari kita simak berikut ini.

Jenis saluran air di rumah

  • Saluran terbuka

  • Saluran air tertutup

  • Saluran air semi terbuka


Jenis saluran air terbuka biasa digunakan pada rumah dengan halaman luas, dan bukan jenis rumah couple ( atap dan dinding menyambung dengan tetangga sebelah kiri kanan). Saluran jenis ini sangat mudah dibersihkan dan praktis tanpa permasalahan mampet.

Saluran air tertutup, saluran air ini berupa pipa PVC dengan variasi ukuran mulai terkecil 3 inch (biasanya) semakin besar diameter pipa tentu akan semakin bagus dalam menghantarkan debit air yang akan dibuang. Saluran jenis ini rentan tersumbat bila tidak diatur dengan baik.

Saluran air semi terbuka, ini adalah jenis saluran air terbuka namun ditutup dengan menggunakan balok beton sehingga menjadi saluran tertutup namun dapat dibuka dengan hanya mengangkat balok balok beton yang menutupnya. Saluran jenis ini juga praktis tidak menemui masalah sumbatan, karena dengan mudah dapat dibersihkan.

 

Kenapa saluran air buangan perlu diperhatikan


Setiap rumah tangga pasti memiliki saluran air, karena aktifitas kamar mandi, dapur, dan cuci-mencuci. Bila anda masih memiliki ruang kosong terbuka, dan bukan jenis rumah couple dimana dindingnya saling bersambung, maka permasalahan saluran air menjadi lebih mudah, terutama lagi bila anda menggunakan saluran air model semi terbuka, yaitu saluran air terbuka yang ditutup balok cor semen.

 

Limbah air rumah tangga bisa berupa limbah air mandi, kegiatan dapur maupun air hujan yang harus dialirkan ke saluran air. Ada beberapa macam saluran air yang menyatukan limbah limbah ini menjadi satu saluran air namun ada pula yang memisahkan salurannya sendiri-sendiri. Untuk kemudahan dan hemat biaya biasanya rumah minimalis hanya memiliki satu saluran air untuk semua buangan air.

 

Cara mencegah saluran air buangan mampet



  • Menggunakan pipa berdiameter lebih besar, biasanya digunakan ukuran diameter 3 inch, namun dengan memasang 4 inch atau lebih maka akan lebih bagus dalam hal kecepatan buang.

  • Memasang Saringan pada wastafel. Air cucian kegiatan dapur akan berawal dari wastafel atau sink cuci piring, untuk itu pasanglah sairngan sebagai filter pertama untuk menyaring partikel padat yang dapat membuat saluran mampet.

  • Pasang perangkap lemak di saluran air. Pipa buangan dari sink dapur, sebelum masuk ke pipa buangan utama atau bak kontrol pipa buangan harus dimasukkan dulu ke fat trap atau perangkap lemak, perangkap lemak adalah satu box desain khusus yang memiliki inlet sebagai jalur masuk air buangan sink, selanjutnya difilter, dan hanya mengalirkan air yang telah bersih dari lemak. Sisa endapan lemak perlu secara berkala dibersihkan agar tidak menyumbat perangkap lemak.

  • Pilih material pipa berkualitas, yang tebal, tidak mudah bocor, dan dapat tersambung tepat. Penggunaan material pipa yang bagus dan presisi akan menghindari pecah, atau bocor, ini tentunya akan sangat menghemat biaya karena terhindar dari masalah pipa saluran air yang bocor.

  • Rutin membersihkan saluran air dengan menggunakan alat pembersih saluran air. Untuk saluran air terbuka pembersihan sangat mudah, sedang untuk saluran air tertutup perlu alat khusus untuk membersihkan saluran air.


 

Hal hal yang perlu diperhatikan saat mendesain saluran air.


Desain saluran air lurus lebih bagus karena lebih mudah dibersihkan. Desain yang berbelok akan menghambat laju aliran air sehingga berpotensi membentuk sedimen atau  bisa pula sumbatan.

Perhatikan kemiringan saluran air. Kemiringan pipa atau saluran air yang kurang akan membuat genangan. Pada saat pembuatan saluran air, pastikan anda atau pengawas kerjaan melakukan kontrol dengan baik, memastikan bahwa pada saat tes saluran, air dapat mengalir dengan lancar tanpa genangan. Pastikan pekerjaan pembuatan saluran air dilakukan oleh orang yang mengerti membuat saluran air, bukan sekedar bisa membuat struktur bangunan saluran air atau memasang pipa.

 

 

 

No comments:

Post a Comment

.