.

Waspadai debu dari kulit mati di kamar tidur

Written by on ,
Waspadai debu dari kulit mati di kamar tidur - Hobilari.Com Pernahkah tiba –tiba hidung tersumbat, batuk-batuk, mata gatal, padahal tidak sedang sakit flu atau batuk, dan kejadian ini biasanya berulang ketika masuk ke kamar atau tempat yang berdebu.  Ketika sudah terlalu lama tidak membersihkan debu di kamar, biasanya anggota rumah akan mengalami batuk batuk. Kalau sudah seperti ini biasanya saya bisa pastikan karena banyaknya debu di sekitar tempat tinggal.

Kamar tidur adalah tempat tertutup namun berpotensi menyimpan debu.

Kamar tidur, terutama yang dilengkapi dengan AC adalah ruangan yang selalu tertutup, sehingga debu dari luar kamar tidak akan banyak masuk ke kamar tidur. Namun kenyataannya walaupun kamar tidur selalu dalam keadaan tertutup karena kamar ber-AC, nyatanya banyak juga debu-debu di kamar tidur.

Coba saja tengok perabot meja di kamar tidur, biarkan anda tidak membersihkan selama satu minggu, ternyata sudah ada debu sangat halus yang berwarna putih. Jenis debu di kamar tidur biasanya berbeda dari debu yang ada di ruangan lain, yaitu ruangan yang terbuka.

Jenis debu yang ada di luar rumah atau ruangan lain yang tidak selalu tertutup biasanya memiliki tekstur lebih kasar, karena debu ini berasal dari partikel pasir yang paling kecil. Jenis debu yang biasa ada di kamar tidur, yang berbentuk putih sangat lembut dan ringan, terbentuk dari kulit mati yang terlepas. Jadi tidak heran kamar tidur bisa menjadi sangat berdebu bila tidak dibersihkan debunya secara rutin.

Penyebab debu di kamar tidur.
Selain karena debu yang berasal dari luar kamar tidur, yang terbawa saat buka tutup pintu, sebagian besar debu di kamar tidur adalah berasal dari kulit mati yang terlepas dan terbang karena memang bentuknya yang kecil, sangat halus, dan sangat ringan. Walaupun demikian ringan debu ini akan hinggap juga di apapun di kamar tidur, seperti meja, lemari (bagian atas) tralis jendela, dan bagian bagian pintu, termasuk pula pada perangkat elektronik di kamar tidur.

Cara mengatasi debu di kamar tidur



  • Untuk kamar ber-AC meminimalkan buka tutup pintu kamar tidur, selain membatasi akses dari luar juga untuk mengurangi masuknya debu. Untuk sirkulasi udara memang perlu dibuka selama beberapa jam dalam sehari. Untuk masuknya cahaya matahari maka bukalah jendela pada pagi hari jam 08.00 – 10.00 ketika cahaya matahari tepat mengenai kamar tidur. Ini khusus untuk kamar tidur yang berada di bagian timur yang terkena langsung sinar matahari pagi.

  • Secara rutin lakukan pembersihan dengan menyapu, mengepel, dan vacuum pada kasur atau spring bed.

  • Spring bed adalah tempat yang paling disukai anak kecil untuk bermain loncat-loncat, ibarat menemukan mainan kesukaannya kadang tidak bisa dihentikan untuk tidak meloncat di spring bed. Beri pengertian ketika anak sudah mengerti, karena dunia anak memang dunia bermain. Maka dari itu penting sekali secara rutin melakukan vaccum pada spring bed agar tidak jadi sumber debu dan kotoran di kamar tidur.

Demikian tips singkat mengatasi debu di kamar tidur, pada kali lain akan saya bahas tentang pengaruh kebersihan kamar tidur terhadap kinerja AC split.

No comments:

Post a Comment

.