.

Tips Mengatasi Kaki Pegal Saat Perjalanan Jauh.

Written by on ,
Tulisan kali ini bisa jadi pertimbangan buat yang mau mudik menggunakan berbagai moda transportasi. Saat mudik terutama bagi yang mudik antar kota, antar propinsi bahkan antar negara yang harus menempuh jarak yang jauh, harus duduk dalam waktu yang lama, biasanya mengalami pegal pegal di kaki. Selain rasa pegal di kaki terutama betis, dan tungkai, juga biasa mengalami jari jari kaki bengkak. Jari jari kaki terasa membesar. Hal ini bisa terjadi karena selama perjalanan jauh sering kali harus terpaku duduk di jok atau tempat duduk penumpang, minim gerakan, bahkan ruang kaki yang sempit membuat kaki harus sedikit ditekuk. Kondisi kondisi ini bisa membuat kaki terasa pegal dan peredaran darah menjadi kurang lancar.


Kurangi Pegal di Kaki dengan Memakai Kaos Kaki ketat.
Dengan menggunakan kaos kaki panjang sampai bawah lutut membantu mengurangi pegal dan jari jari kaki membesar karena tekanan yang besar duduk dalam waktu yang lama di perjalanan. Tekanan atau kompresi melingkar pada kaki yang diberikan kaos kaki yang ketat akan membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan membantu membuat kaki bagian bawah menjadi lebih firm, mengurangi tekanan pada jari jari kaki karena posisi duduk dan gravitasi tekanan darah di bagian paling bawah tubuh anda.

Istirahat untuk mengusir penat dan meregangkan otot.
Ambil istirahat setelah beberapa jam berkendara, agar tubuh kembali fit dan siap lagi untuk menempuh perjalanan selanjutnya. Bila memungkinkan ambil istirahat (take a nap) sekitar 30 menit. Istirahat ini akan sangat membantu meningkatkan energi, kesiagaan, dan kesigapan tubuh. Selama istirahat lakukan pula peregangan ringan, agar otot dan tubuh tidak kaku karena harus duduk berdiam lama dalam perjalanan.

No comments:

Post a Comment

.