.

Memanfaatkan fitur SD Card Transfer pada Lenovo Tab 2 A7-10F

Written by on ,

Memanfaatkan fitur SD Card Transfer pada Lenovo Tab 2 A7-10F. Tablet ini secara khusus saya beli untuk anak saya. Dengan fasilitas tanpa jaringan cellular, namun hanya wifi access saja memungkinkan saya mendapatkan pengendalian lebih agar anak tidak berlebihan mengakses internet dan agar saya atau istri bisa mendampingin anak saat berinternet. Memberi pengarahan mana yang boleh atau tidak pantas dilihat anak seumuran anak saya.


cara-memindah-data-di-android-ke-sd-card-gif


Hobi anak adalah nonton video idol kesukaannya dan selanjutnya diikuti dengan menari sesuai gerakan tarian idol kesukaannya tersebut. Tidak terhitung sudah besar sekali data video yang telah didownload, padahal tablet yang saya beli tersebut belum ada external memory, jadi terpaksa disimpan di internal memory. Lama kelamaan muncul masalah yaitu ketika akan install game baru misalnya sebesar 50 MB, ternyata begitu download dari playstore dan sudah mencapai 100% ternyata muncul notif tidak cukup space untuk instalasi, padahal bila di cek di bagian storage di control panel masih ada space sebesar 90MB mungkin karena sisa space tersebut adalah perkiraaan dan memang sifat dari penggunaan space yang dimanis pada android sehingga space yang mepet atau sisa sedikit tidak mencukupi untuk instalasi.


Mudik kemarin memang jadi ajang borong memborong barang, bagaimana tidak , harga yang selisih lebih dari 40% membuat godaan sangat kuat untuk membeli memory card, dan memang external micro SD merk terkenal tersebut sudah lama saya incar. Memang sudah planning mau beli dari sebelum mudik, tapi karena dapat seller yang lama pelayanannya jadinya autocancel trancsaction karena melebihi 4 hari (COT Atau Cut Off Time).


Segera saja setelah dapat external micro SD kelas 10 saya pasangkan di external storage slot. Setelah terpasang  anak buru buru saja mau install ternyata belum bisa karena data belum dipindahkan alias space di internal memory masih penuh. Saat itu saya sedang tidak ada akses ke laptop untuk melakukan managemen file di android (dengan kabel data). Saya coba gunakan saja aplikasi file manager bawaan gadget. Memang awalnya agak ribet karena saya tidak biasa dengan tombol dan menunya. Namun bukan saya kalau gampang menyerah, setelah coba sana sini ketemu tombol yang secara sekilas saya tidak tahu deskripsinya. Saya tekan tombol itu baru muncul details dari tombol bahwa itu adalah tombol untuk melakukan sycn secara remote dan juga memindah ke memory lain (dalam hal ini memory eksternal). Berhubung managemen file dengan WIFI tidak bisa saya lakukan (tidak dekat laptop saya) maka hanya pilihan pindah ke SD card yang bisa saya lakukan.


Caranya ternyata mudah, saya tinggal klik icon bergambar koper di bagian bawah kanan, lalu pilih SD Card Transfer, maka secara otomatis akan memindahkah Bulk File ( Bulk File adalah istilah file file berukuran besar, misalnya foto, video, musik) Ternyata penggunaan sangat mudah, karena saya tidak harus melakukan pemilihan file, karena aplikasi langung bisa mengkategorikan Bulk File dan memindahnya dari internal memory ke eksternal memory.


Proses pindahnya memakan waktu sekitar 5 menit untuk data sekitar 2 GB, data dipindah dari internal memory card Tablet Lenovo Tab 2 A7-10 ke External MicroSD Card kelas 10. Setelah proses pindah selesai maka saya cek di SD card sudah ada file Bulk ukuran besar-besar, dan di internal storage sudah berkurang sekitar 2 GB.

No comments:

Post a Comment

.