.

Cara membuat micro concrete block untuk hiasan taman

Written by on ,

Cara membuat Garden Ornament (micro concrete block)


Hobilari.Com  Mengingat ada beragam garden ornament maka pada kesempatan ini saya buatkan urutan cara membuat micro concrete block. secara umum bahan bahan dan alat yang diperlukan adalah sama jadi silahkan merujuk pada posting sebelumnya tentang bermacam macam garden ornament.

Alat dan Bahan untuk membuat garden ornament dapat dilihat di sini

Bahasan kali ini khusus mencakup pembuatan micro concrete block atau paving persegi ukuran kecil dari adonan semen.

  • Buat perbandingan pasir dan semen, dengan 4 bagian pasir dan 1 bagian semen. Perbandingan ini adalah perbandingan yang biasa dipakai untuk membuat adonan cor kedap air (bangunan akan dipakai dalam lingkungan berair)

  • Aduk campuran pasir dan semen di dalam ember dengan baik, gunakan pengaduk / kape kecil, dan tangan (menggunakan sarung tangan) untuk mendapatkan campuran yang benar benar homogen

  • Tambahkan air sedikit, ingat jangan berlebihan menambah air, karena campuran akan lembek, cukup percikkan beberapa sendok air dan aduk kembali sampai air rata. Kunci keberhasilan membuat micro concrete ini adalah adonan yang homogen dan air yang tepat. Kelebihan air akan membuat lengket dan cetakan susah dilepas. Kekurangan air akan membuat campuran tidak berikatan satu sama lain.

  • Masukkan adonan yang sudah jadi ke dalam kotak bekas kartu nama, lalu tekan tekan dengan jari, ratakan dengan menggunakan penggaris mika bekas.

  • Hadapkan cetakan keatas, lalu ketuk keempat sisi untuk membuat sedikit celak antara adonan pasir dengan cetakan.

  • Siapkan bidang pengering cetakan bisa digunakan nampan atau triplek  atau langsung Balikkan cetakan secara langsung ke bidang pengering. Seharusnya cetakan mudah dilepas karena telah diketuk keempat sisinya dengan menggunakan kape. Bila cetakan susah dilepas kemungkinan karena adonan terlalu lengket atau keempat sisi belum diketuk dengan kape.

  • Biarkan kering terkena angin, tunggu sehari agar mengeras.

  • Setelah mengering selama 2 hari lalu celupkan ke air dan keringkan lagi,

  • Biarkan pengeringan sempurna dengan air selama 5 hari.

Proses pengeringan paving mini dari semen

Contoh Penggunaan micro concrete block

Pembuatan micro concrete block ini cukup mudah bukan? hanya perlu kesabaran dan ketekunan, dan dapat dikerjakan di saat luang sore hari. Dari sekedar hobi saja bisa jadi dikembangkan menjadi skala usaha kecil. Barang kali ada yang berminat untuk berusaha di bidang pembuatan garden ornamet seperti contoh-contoh yang saya buat diatas.

No comments:

Post a Comment

.