.

Cara mencegah saluran air tersumbat dan tergenang

Written by on ,
Cara mencegah saluran air tersumbat dan tergenang- Hobilari. Sudah sekitar 6 bulan lebih sejak hobilari membongkar folder air di halaman belakang, menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar.

Kenapa harus dirubah dan diganti dengan kapasitas tampungan yang lebih besar? ini karena kesalahan design masa lalu, lebih tepatnya kesalahan atau tidak diawasi pemasangan pipa, sehingga kemiringan pipa tidak benar benar tepat sehingga terjadi sedikit genangan ketika debit air hujan meningkat di halaman belakang. Hujan yang deras, debit air meningkat maka sistem pembuangan antri karena saluran air tidak tepat kemiringannya dan juga karena ukuran pipa yang kurang besar.
Mengatasi meluapnya air di halaman.

Pada sebagian rumah mungkin mengalami air yang menggenang sementara ketika hujan, padahal ketika dicek tidak ada saluran tersumbat sampah atau pengotor lainnya, saluran lancar dan bersih. Bila disiram air bisa terbuang dengan baik namun perlu waktu, nah seperti ini bisa jadi karena diameter pipa buangan yang kurang besar, sehingga ketika terjadi kenaikan debit air akan ada antrian. Mengatasi hal ini maka cara termudah adalah meningkatkan volume ruang tunggu air, sehingga air tidak menunggu di halaman tapi menunggu di folder air. Folder air di sini adalah semacam kolam yang dibuat khusus di mulut bak kontrol yang fungsinya menampung air sebelum masuk ke saluran air. Pemasangan folder air di mulut saluran air ini efektif mengatasi genangan air.

Mudahnya folder air itu seperti bak kontrol tapi berukuran lebih besar, sehingga menampung lebih banyak air sebelum masuk ke saluran air. Pembuatan folder air setidaknya dihitung perkiraan volume air pada saat hujan deras, sehingga cukup mampu menahan air tidak menggenang ke halaman tapi lebih mengarahkan air untuk tersimpan di folder air sebelum  masuk ke saluran air. Folder air yang lebih rendah akan mampu menarik air dari halaman untuk berkumpul di folder air sebelum masuk ke saluran air.
Membersihkan folder air dan bak kontrol
Pagi ini, hujan di hari Sabtu, hari yang membuat sebagian orang harusnya bersantai ria, namun tidak dengan saya, selalu saya gunakan hari Sabtu untuk acara bersih bersih sekitaran rumah, minggu lalu yang saya kerjakan adalah perbaikan Gypsum dan listnya karena ada beberapa yang retak, termasuk melakukan pengecatan dinding kamar, nah minggu ini sedianya membereskan kamar mandi, mengganti cat baru dan mengganti exhaust fan, namun karena di luar hujan deras saya alihkan  untuk membersihkan saluran air, karena debit air yang banyak di halaman belakang saya manfaatkan untuk menggelontor saluran air sambil saya bersihkan dengan alat pembersih saluran air buatan sendiri.

Dengan menggunakan alat pembersih saluran air dari rotan bersudu mampu membersihkan saluran air berupa pipa PVC sepanjang 15 meter, sebagai informasi panjang rotan flexible yang saya gunakan adalah sekitar 20 meter sehingga cukup untuk menjangkau ujung saluran air.


No comments:

Post a Comment

.