.

Beberapa tips liburan (bagian 1)

Written by on ,
Liburan telah tiba, inilah saat yang dinantikan semua orang (sebenarnya tidak semua orang, tapi sebagian besar orang, karena ada sebagian lainnya yang tidak boleh ambil cuti ketika akhir tahun). Liburan bagi saya selalu identik dengan banyak persiapan, dan persiapan tersebut sudah dibuat juga jauh jauh sebelum waktu liburan


Berikut ini yang disiapkan ketika liburan :

  • Tiket Perjalanan. Sudah pasti tiket liburan harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari karena ini adalah faktor terbesar dari biaya. Bila liburan dengan menggunakan pesawat terbang maka pesan tiket sekitar 6 bulan atau lebih dari keberangkatan akan memberikan pilihan harga tiket yang lebih murah. Ini penting sekali sehingga sebagai perantau harus akrab dengan kegiatan cek dan cek tiket baik melalui agen tiket, melalui aplikasi pesan tiket di gadget ataupun langsung pesan / tanya tiket ke maskapai penerbangan.

  • Rencana liburan dan biaya, rencana liburan (rundown acara) sudah seharusnya diset dengan baik, agar liburan terjadwal karena semua tiket juga sudah dipesan di awal. Memang ada kalanya bisa meleset waktu liburan misalnya menambah waktu sehari dua hari untuk stay lebih lama di desa. Ini masih bisa sepanjang tidak berhubungan langsung dengan jadwal tiket sarana transportasi. Bila bagi orang yang sibuk maka strict to the holiday plan itu adalah wajib. Biaya dan rencana termasuk pula oleh-oleh, selalu minta referensi oleh-oleh yang sedang trending, jadi bila waktunya anda masuk kerja maka rekan anda di tempat kerja anda juga senang karena anda bawa oleh oleh yang sedang trend.

  • Barang bawaan. Ibarat pindah sementara maka dalam liburan pun pasti banyak barang bawaan, mulai dari pakaian lengkap, akseris, gadget serta perlengkapannya,

  • Persiapan rumah / lain lain, bagi perantau mudik seminggu, dua minggu bahkan lebih maka sudah harus mempersiapkan beberapa hal penting. antara lain keamanan rumah, mobil atau kendaraan, hewan peliharaan, iriman paket, dll

  • Persiapan khusus, bagi profesi khusus ada tambahan persiapan. Seperti apa profesi khusus itu, Contohnya bila anda adalah pekerja kantor, maka sudah pasti anda harus serah terima pekerjaan dulu kepada rekan kerja yang ditunjuk menggantikan posisi anda selama anda liburan. Contoh lain untuk blogger ada juga persiapan misalnya melakukan schedulling post bila anda adalah dailyposter atau daily blogger yaitu blogger yang selalu posting content setiap hari. Untuk itu bisa digunakan fitur autopost sesuai jadwal posting yang anda inginkan. Bila memang sudah menetapkan sebagai blogger harian maka tidak ada halangan dimananpun bisa update blog.

Destinasi liburan bisa beda antara satu orang dengan orang lainnya, ada sebagian yang menganggarkan dana jauh-jauh hari untuk liburan ke tempat tempat indah di Nusantara, bahkan banyak pula yang sampai liburan ke luar negeri. Bahkan sampai rela menabung berbulan-bulan, atau bahkan menggunakan fasilitas paket liburan yang dibanyak dijual oleh agen wisata. Semua terserah pada pribadi masing-masing, bagi saya yang utama adalah manfaat dari liburan itu.

Saya sendiri liburan cukup untuk pulang ke kampung halaman, setelah berbulan bulan merantau meninggalkan orang tua dan sanak saudara, maka liburan adalah momen yang sangat membahagiakan. Liburan dengan mudik ke kampung halaman dari segi biaya juga hampir sama, bahkan biasa lebih besar dari liburan ke tempat wisata, namun bagi saya itu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bisa bertemu dengan orang tua dan sanak saudara. Terpancar bagaimana bahagianya ketika kita pulang ke rumah yang telah sekian lama kita tinggalkan.  Sejenak pikiran saya sering melayang membatin " ....saya dulu pernah di sini, saya dulu pernah makan di sini, saya dulu pernah main di sana....dan lain lainnya..." Mengundang keinginan untuk sejenak bernostalgia jaman dahulu.

Rincian diatas terlihat banyak namun bagi perantau yang sudah biasa melakukan perjalanan jauh dan panjang maka sudah jadi biasa dan hanya perlu mempersiapkan dan menjalaninya. Persiapan yang bagus akan membuat liburan menjadi menyenangkan.

No comments:

Post a Comment

.