.

Tips berat badan stabil saat liburan

Written by on ,
Tips berat badan stabil saat liburan. Kemarin sempat membaca feed BBM dan feed beberapa akun social media punya hobilari. Banyak status yang terkait urusan perut. Artikel ringan dari hobilari kali ini mengangkt pengalaman hobilari sendiri untuk tetap stabil berat badannya saat liburan kurang lebih 2 minggu.



Liburan identik dengan wisata Kuliner, dari hasil browsing feed status teman teman banyak sekali yang posting gambar makanan atau tempat makan, wah sangat beragam dan sepertinya enak sekali, maklum wisata kuliner di tempat liburan atau tempat asal selain untuk mengisi perut juga ada momen lain. Istilahnya bukan tempatnya atau bukan makanannya yang bikin seseorang datang kembali, tetapi kenangan yang pernah ada yang membuat seseorang kembali mengunjungi tempat makan.

Berikut tips yang cukup ampuh untuk menjaga berat badan tidak bertambah atau setidaknya tidak bertambah berlebihan ketika liburan

  • Tetap patuhi kebutuhan kalori. Ketahui kebutuhan kalori sesuai aktifitas harian anda. Bila memang anda hanya perlu 2000kcal maka perkirakan asupan makanan ke tubuh anda. Saya menggunakan aplikasi myfitnesspal untuk membantu saya mengetahui kebutuhan kalori saya sesuai aktifitas saya. Saya baru akan meningkatkan asupan kalori bila ada perubahan aktifitas fisik yang lebih berat dari biasanya yang akan membutuhkan asupan kalori yang lebih besar pula. Memang terlihat ribet ya, sebenarnya tidak bila anda telah terbiasa menggunakan aplikasi food management yang dapat anda install di android anda.

  • Tetap jalani diet bagi anda yang sedang menjalani diet, entah itu diet rendah kalori, rendah lemak, rendah purin, atau diet tinggi serat. Pengaturan jenis makanan dan jumlahnya akan menjaga anda tetap sehat.

  • Tetap berolahraga. Saya tetap menjalankan running atau lari dengan jarak sesuai kemampuan tubuh, dan untuk tambahan selama liburan sesekali melakukan yoga untuk menjaga fleksibilitas, kelenturan dan kesegaran tubuh. Ini sudah terbukti saya rasakan manfaatnya secara langsung. Kedua jenis olahraga ini tidak sulit untuk dijalankan ketika liburan karena tidak ada alat yang perlu dibawa. Sangat simple, mudah, dan murah.

  • Tidak tergoda untuk menambah porsi makanan yang telah anda perhitungan, kunyah selalu pelan pelan, resapi dan nikmati, biasakan tubuh menerima apa yang telah anda siapkan dan hitung sebelumnya. Menambah porsi makanan hanya karena memuaskan rasa lapar hanya akan membuat anda menyesal karena perut segera penuh dengan makanan.

  • Disiplin adalah kunci utama dalam keberhasilan menjalankan tips ini. Apa jadinya bila anda telah runut menyusun strategi tetap langsing selama liburan namun anda tidak mematuhi rencana anda sendiri.

  • Membuang kalori / lemak adalah lebih jauh lebih sudah daripada menimbunnya. Ini selalu yang harus diingat, bahwa berlari sejauh 1 KM hanya membakar 70-90kcal, dan berjalan sejauh 1 KM hanya membakar 50-70 kcal. Bayangkan bila anda mengasup secuil kue manis saja sudah memasok kalori sekitar 70-100kcal. Itu baru satu, bagaimana bila dipadu dengan banyak kue dan makanan manis lain.

  • Minta bantuan pada orang terdekat untuk bisa menjadi asisten anda dalam mensukseskan program anda. Saya biasa meminta bantuan pada anak saya untuk meningatkan saya apabila saya telah berlebihan mengasup kalori, sehingga bila saatnya makan maka anak saya sudah langsung mengingatkan saya.

Beberapa tips diatas sudah dijalankan, sukses menjadi berat hanya bervariasi tambah 1 kg dari kondisi sebelumnya. Dengan menerapkan beberapa langkah diatas liburan tetap menyenangkan namun berat badan tidak bertambah.

No comments:

Post a Comment

.