.

Jaringan 4G LTE

Written by on ,
Jaringan 4G LTE di Indonesia mulai diperkenalkan sekitar tahun 2013 lalu oleh beberapa provider cellular di Indonesia. Beberapa kota mendapat kehormatan untuk dijadikan tempat launching pertama kali jaringan 4G LTE.

Bagi blogger yang tinggal di kota besar dengan infrastruktur komunikasi data bagus mungkin sudah biasa menggunakan koneksi kecepatan tinggi dengan jalur optis sebagai pembawa data. Tipikal jaringan optis sebagai guided carrier bisa sangat tinggi kecepatannya karena data dapat berjalan pada jalur yang bebas hambatan dan dengan teknologi modulasi dan coding yang semakin disempurnakan.

Namun bagi blogger yang tinggal di daerah yang belum mendapatkan fasilitas internet kecepatan tinggi maka hanya bisa bersabar, seperti saya, koneksi cukup puas dengan kecepatan 0.5Mbps, syukur-syukur kalau jaringan lagi bagus kadang dapat sampai 1Mbps.



Beberapa provider yang saya pakai bisa memberikan kecepatan sampai sekitar 2.5Mbps. Namun itu semua dapat bervariasi tergantung kondisi traffik. Bahkan dulu saya pernah mengalami traffik yang berubah kecepatannya di pagi dan sore / malam, ya wajar saja mungkin kalau pagi banyak pekerja yang ke kota untuk bekerja, namun sore harinya mereka pulang ke daerah masing-masing. Perubahan okupansi jaringan ini saya rasakan memberi pengaruh pada kecepatan akses pada pagi-sore dengan sore - pagi. Itu kenapa saya kadang suka download malam hari karena kecepatan bisa lebih tinggi. Padahal jaman saya dulu belum ada paket-paket download malam hari, beda dengan jaman sekarang dimana kuota data internet bisa saja diberlakukan berdasarkan waktu yang berbeda.



Sebagai blogger saya sebenarnya hanya perlu kecepatan yang sedang, ya sekitar 1 Mbps sudah cukup, apalagi saya banyak bermain di text, kan seperti yang disampaikan Google bahwa blog yang baik juga harus rich in text atau kontennya banyak berupa teks, bukan berupa gambar. Namun akan beda bagi misalnya seorang web developer atau pembuat blog / web yang sering mengharuskan untuk upload / pindah data dalam ukuran besar maka mutlak diperlukan koneksi yang cepat. Ini saya rasakan pada saat kemarin saya memindahkan data blog dari satu server hosting ke server hosting lainnya. Awalnya saya gunakan cara lama yaitu mendownload semua data ke laptop, baru kemudian upload ke server baru. Namun karena terkendala koneksi data yang lagi lemot maka saya akhirnya gunakan cara lain yaitu transfer data dari server ke server menggunakan perintah pemrograman PHP. Jadi sekilas saya buat satu fungsi PHP untuk memindah data dari hosting awal ke hosting baru. Ajib sekali karena hanya dalam hitungan detik data sebesar 190MB bisa pindah tempat. Apa jadinya kalau saya harus download dan upload dulu, maka saya perlu menggunakan bandwidth atau kuota internet saya sebesar 380MB. Itu belum mempertimbangkan bila koneksi tidak stabil selama download yang memungkinkan data menjadi corrupt.

Koneksi yang lambat pada saat saya memindahkan data tersebut membuat saya mencoba mencari alternatif lain untuk koneksi data nirkabel yang cepat. Di sini saya tekankan koneksi data nirkabel karena sebagai blogger yang aktif bergerak saya bisa saja blogging dari satu tempat ke tempat lain, pada saat nunggu istri anak belanja, saya bisa melakukan aktivitas terkait blogging. Belum lagi dalam setahun ada agenda mudik 2 kali, dan dipastikan saya tetap mau terhubung dengan internet, maka pilihan komunikasi data nirkabel menjadi keharusan.

Untuk mengakses internet secara nirkabel dan mobile tentunya saya mengandalkan modem internet jenis 3G, modem HSDPA, ada pula modem saya jenis HSUPA / HSPA, banyak sekali istilah, dan banyak sekali setting yang saya lihat di dashboard modem. Saya tidak bingung, karena cukup HSDPA bagi saya, apalagi karena mobilitas tinggi kadang belum semua tempat telah tercakup jalur yang lebih baik dari HSDPA.

Saat ini saya juga sudah menggunakan jaringan 4G LTE untuk mendukung kelancaran kerjaan saya sebagai blogger yang mengelola beberapa blog, sangat sangat membantu kerjaan saya untuk melakukan blogwalking, update blog, dan juga untuk menambah ilmu perbloggingan saya. Saya menggunakan salah satu provider internet dengan paket data kontrak selama 1 tahun dengan. Yang menarik lagi adalah saya mendapatkan satu perangkat akses gratis berupa handphone 4G LTE, saya bisa gunakan untuk perangkat harian saya, termasuk mendukung kegiatan olahraga lari saya dengan sport tracker apps android yaitu endomondo, dan juga saya gunakan untuk update blog dengan cara saya jadikan modem (tethering USB).

No comments:

Post a Comment

.