.

Cara mengatasi sulit login ke blog saat berada di kota lain.

Written by on ,

Cara mengatasi sulit login ke blog saat berada di kota lain. Ini hobilari alami beberapa kali saat mau login ke dashboard wordpress. Saya pastikan password benar, karena saya bisa kebetulan membuat catatan terkode di buku catatan khusus tentang blog. Penting memang untuk membuat dokumentasi fisik data blog, dengan catatat tulisan yang ada di dalamnya tidak mudah diakses orang, jadi saya semacam menulis dengan sandi (seperti jaman Pramuka dulu) jadi apa yang saya tulis di catatan fisik buka serta merta tulisan passwordnya tapi saya gunakan sandi, misalkan saya menggunakan teknik anonim, maka apa yang saya tulis di catatan bukan password sebenarnya tapi anomym dari kata tersebut. Intinya saya tidak menulis apa adanya.


cara-setting-white-list-IP-di-wordpress

Setelah memastikan password tidak berubah saya coba lagi login ke WP Admin namun menemui kendala. Tak ada cara lain kecuali menggunakan tombol lupa password, Dengan memasukkan e-mail atau login akhirnya saya bisa login masuk ke dashboard wordpress. Namun ini ternyata terjadi lagi saat saya sudah mematikan komputer. Ketika sore harinya saya menyalakan laptop dan akan login kembali ternyata saya tidak bisa masuk lagi. Tak ada yang bisa saya lakukan kecuali menggunakan tombol lupa password.

Kesimpulan awal adalah karena provider internet yang saya gunakan ( provider sellular) menerapkan IP dinamis, dimana setiap mengakses internet ( menyambung ke internet ) selalu mendapatkan IP yang berbeda. Ini bisa saya lihat dari dashboard wordpress dot com saya dimana IP akan berbeda beda ketika saya sudah log out dari internet (mematikan modem atau mencabut modem lalu connect lagi). Ini saya maklumi karena saya saatn ini ibaratnya sedang roaming, jadi kemungkinan besar IP yang berbeda maka sistem pengamanan akan memblokir upaya masuk ke dashboard.

Cara login ke wordpress dengan cara ini ketika anda mendapati susah login. Urutannya

  • Login ke wordpress dot com.

  • Maasukkan id wordpress anda untuk blog yang terhubung ke wordpress menggunakan plugin jetpack.

  • Pilih My Site, lalu klik bagian setting. Dari bagian setting akan anda dapati setting General, Writing, Discussion, dan Security.

  • Klik bagian Security lalu masukkan IP yang anda kenali. Kalau saya pribadi tidak memasukkan IP yang saya kenali selama mudik ini karena memang dari provider selalu memberikan IP yang bervariasi.


Solusi ini sebenarnya bisa saya atasi dengan memasukkan nomer IP provider di dalam setting wordpress dot com yaitu di bagian White List IP. Dimana IP yang sudah didaftarkan akan dikenali wordpress sehingga kita akan bisa login dari IP tersebut. Fitur ini sepertinya adalah bagian dari keamanan wordpress. Kebetulan saya belum sempat membaca banyak tentang hal ini.

Solusi saya mengatasi hal ini adalah saya selalu login ke wordpress dot com terlebih dahulu lali klik di bagian go to admin, yaitu di bagian bawah dari mysite, nah dari link yang terbuka di new window yang tak lain adalah halaman wp admin maka kita bisa langsung akses ke dashboard wordpress dengan id dan password yang lama.

No comments:

Post a Comment

.