.

Bagaimana menjadi seorang daily blogger ?

Written by on ,
Bagaimana menjadi seorang daily blogger?, apakah anda seorang daily poster yang disiplin dan bisa posting content ke blog setiap hari? Sejatinya awal menjadi blogger dulu saya sudah memproklamirkan diri menjadi daily poster, sampai sampai ikutan juga daily prompt, yang berbahasa inggris itu lho, namun karena kadang tema harian kadang tidak pas dengan tema blog saya akhirnya saya jarang ikutan. Walaupun sebenarnya ikut daily prompt banyak manfaatnya antara lain bisa menjalin pertemanan dengan blogger luar negeri, ini sebagai langkah bagi kita untuk dapat teman dari luar negeri, yang mana merupakan sumber traffic yang bernilai tinggi. Setelah beberapa lama tidak ikut daily prompt saya mempunyai tips tersendiri bagaimana bisa menjadi seorang daily poster, tentuya tips ini tidak cocok bagi anda yang punya juru tulis rutin yang akan memosting content secara rutin ke blog, tips ini hanya untuk blogger perorangan persis seperti saya.

tips-menjadi-dailyposter

OK, tidak perlu lama lama ya, karena juga sudah habis kopi dua cangkir sekarang saatnya berbagi tips, sebagai berikut :

  • Miliki rencana posting yang banyak, artinya siapkanlah materi materi yang rencananya akan anda posting ke blog anda. Ingat, disini tidak perlu harus sempurna materinya, cukup anda tuliskan apa saja yang akan anda tulis, cukup tulis judulnya saja, dengan membuat daftar judul terutama pada bidang yang anda kuasai maka selanjutnya mudah kok menulisnya. Dari sekian banyak rencana judul yang anda posting tersebut, urutkan dalam materi yang paling anda kuasai untuk dijadikan tulisan pertama, karena dengan semakin menguasai materi maka anda hanya perlu waktu sebentar untuk menyelesaikan satu posting tentang materi itu.

  • Tulis posting beberapa buah dan simpan sebagai arsip. Setelah anda tulis dengan baik satu materi menjadi materi siap publish, lengkapi dengan gambar ilustrasi, tag, dan kategori yang tepat, serta jangan lupa insert featured image bila memang theme anda mendukung, maka simpan posting siap publish itu ke dalam draft. Ya ke dalam draft, anda memerlukan setidaknya 3-5 draft siap publish yang akan dijadikan cadangan ketika anda suatu ketika karena satu alasan menjadi sangat sibuk dan tidak bisa untuk membuat posting. Yang perlu anda lakukan adalah hanya perlu masuk ke dashboard wordpress anda ketika anda sibuk, dan segera merubah status draft tersebut menjadi publish now atau scheduled publish sesuai keinginan anda. Mudah kan, hanya perlu login ke dashboard ketika anda benar benar sibuk dan tidak bisa menulis, maka satu atau dua content fresh segera akan memenuhi blog anda. Ini adalah satu teknik manajemen posting yang selama ini saya lakukan.

  • Terus melakukan proses poin pertama diatas secara berulang sehingga proses produksi content blog berjalan terus, dan pencadangan postingan juga selalu ada. Menjaga ketersediaan draft siap publish ini sangat penting untuk selalu menjaga blog anda tetap ada posting setiap hari.


Poin poin diatas adalah yang saya lakukan selama ini, bahkan ketika lebaran kemarin, saya sudah membuat scheduled post bahkan sampai 25 hari ke depan, dengan satu harinya satu posting ke blog. Namun untuk sekarang paling saya hanya ada 1-2 hari ke depan untuk draft content siap publish. Rencananya saya tetap akan memenuhi draft content siap publish setidaknya dalam 3-5 hari ke depan.

Sekedar tips dari saya bagaimana menjadi daily poster. Jelajahi kontent di blog ini untuk mendapatkan sharing informasi lainnya.

No comments:

Post a Comment

.