.

Sumber trafik ke blog.

Written by on ,
Sumber trafik ke blog berasal dari mana saja, dan seberapa besar? trafik blog rekan rekan seperti apa? apakah tipikal traffik yang datang dibentuk dari traffik search engine, atau traffik karena sharing ke suatu komunitas se-niche.

Berdasar pembelajaran saya, blog yang dari awal dibangun dengan konsep keyword, ternyata mendatangkan dollar ...eh maksud saya trafik ...bahkan ketika saya tidur, wuah enak sekali ya, tidur saja dapat trafik, lebih wuah lagi kalau sudah diterima wordads, benar-benar tidur saja dapat $$. Itu suatu harapan, semoga passion suatu saat menjadi $$.

OK lanjut ya, traffik bisa saja tinggi karena memang bahasan-bahasan dalam suatu blog memang dicari dan jadi konsumsi suatu komunitas tertentu, misal blog dosen berisi ulasan mata kuliah, tentunya pengunjungnya terbatas pada mahasiswa beliau, atau mahasiswa lain yang datang mencari berdasar keyword. Jadi disini ada keterbatasan keyword karena topiknya sangat spesifik. Karena itu pencarinya juga spesifik, apalagi kalau bahasannya benar benar spesifik, maka market audiencenya bisa sangat sangat sectored.

Coba perhatikan dua gambar diatas, satunya membentuk trafik yang stabil, sedang satunya trafiknya seperti sesuai jam kerja, sesuai cerita saya tadi diatas, salah satu gambar itu adalah blog yang hanya ramai dikunjungi pada hari kerja, jadi pada hari libur cenderung sepi. Mau tidak mau itu terjadi karena memang blog ini aktifitas tingginya hanya terjadi pada weekdays, sedang pada weekend bisa sangat sepi. Satu tantangan tersendiri untuk mengelola blog semacam ini, karena sangat berbeda dengan blog gado gado dengan topik beragam, sehingga potensi kata kunci juga beragam. Dari sisi keragaman ini akan membawa traffik yang berasal dari kalangan yang beragam pula, yang pada akhirnya menghasilkan kunjungan yang lebih besar. Mengelola blog tipikal seperti ini (gado gado) sebenarnya lebih enak. Namun tetap saja jangan sampai terlalu gado-gado, ya paling tidak masih ada kaitan kaitan antara satu kategori dengan lainnya.

Saya sebenarnya maunya juga tidak terlalu gado gado di blog saya ini, tapi namanya anak masih SD ya sebisanya saja ngebloknya, lha wong ngeblok juga baru seumur jagung....heheheh.

Kesimpulan, lebih enak punya blog yang mana traffiknya berasal dari search engine, sehingga tidurpun ....$$$ tetap mengalir. Eh...bangun ..bangun... ternyata saya masih mimpi, saya kira sudah diterima wordads...hehehe.

4 comments:

  1. semua berubah ketika negara api (word ads) menyerang :D

    ReplyDelete
  2. kapan blog saya diserang WA nih.... kalau sudah diapprove ...tak rewangi posting 5 post sehari gak papa hehehehe

    ReplyDelete
  3. Keren gan.. views/visitor nya gede banget ya... bisa sampai 5x liipat dari jumlah pengunjung.. resepnya apa neh

    ReplyDelete

.