.

Optimalisasi formatting pada wordpress dengan menggunakan shortcode

Written by on ,
cara-menggunakan-shorcode-pada-wordpress

Optimalisasi formatting dengan shortcode, ya betul namanya shortcode, sekilas saja kelihatan sebagai kode kode yang singkat, atau sebagai kode kode ringkas. Shortcode memang serangkaian kode ringkas yang dipakai untuk menempatkan sejumlah perintah yang telah didefinisikan sebelumnya. Biasanya suatu shortcode dapat dijalankan setelah didefinisikan perintahnya oleh sebuah plugins. Seperti kita tahu, dalam wordpress banyak sekali plugins, plugins ini tentunya perlu diinstall dulu dalam suatu wordpress. Penginstalannya melalui dashboard. Sebelum diinstal maka shortcode dari suatu plugins pasti tidak bisa dijalankan, karena wordpress belum mengenali perintah sebelumnya. Namun bila sudah terinstall sangat mudah melakukan fungsi-fungsi dari suatu plugins.

Satu hal yang membuat saya jatuh cinta berat dengan wordpress adalah adanya plugins yang beragam, dan penggunaanya sangat mudah, hanya perlu menambahkan shortcode, pada satu tempat yang diinginkan diletakkan perintah atau suatu formatting. Contohnya, saya suka menempatkan related post berdasar tag, maka saya akan menyisipkan perintah

html-code

Kode diatas harus ditulis dalam format text, Fungsi diatas artinya akan menampilkan posting terkait yang sama berdasar tag android, sebanyak 3 posting seperti dibawah ini

Posting terkait Android :
[display-posts tag="android" posts_per_page="3"]

atau bisa coba dicoba kode ini

html-code-2

Posting terkait Android, handphone, dan gadget
[display-posts tag="android, handphone, gadget" posts_per_page="9"]

Saya memberikan perintah untuk membuat Related post berdasar 3 tag, yaitu android, handphone, dan gadget. Maka akan ditampilkan tiga tag tersebut. Caranya sangat mudah kan. Untuk melihat shortcode lebih jelas kunjungi saja bagian support wordpress.

2 comments:

  1. maaf gan mungkin perlu ditambah [code] dan [/code] di tempat saya ga kelihatan kodenya, lngsung daftar postingan semua, cb d sni gan _http://hitandi.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. saya coba tadi tidak muncul, mungkin terkait theme, saya kemarin coba code related post ini tidak jalan di themes yang lain.

    ReplyDelete

.