.

Cara menambal plafon lubang.

Written by on ,
Cara Menambal Plafon Lubang, saya bahas karena saya rasa banyak rekan yang sebenarnya pernah mengalami hal yang sama, yaitu mendapati plafond di rumahnya berlubang. Saya batasi bahasan ini khusus untuk plafon dengan lubang yang kecil atau kira-kira kita memiliki kemampuan melakukan project DIY (Do It Yourself) ini, karena tidak semua lubang pada plafond dapat dikerjakan sendiri, alias perlu jasa perbaikan / pemasangan plafon gypsum. Pekerjaan ini kebetulan saya lakukan sendiri karena nanggung ketika mau panggil jasa perbaikan semua sibuk, tidak melayani perbaikan skala kecil, padahal sudah mau lebaran, akhirnya turun tangan sendiri melakukan perbaikan.



Hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan project perbaikan sendiri : Identifikasi skala pekerjaan antara lain jenis pekerjaan adalah ringan, dengan kemampuan teknis yang dapat dijalankan sendiri, aman dikerjakan sendiri, dan dari segi biaya lebih efisien bila dikerjakan sendiri. Pertimbangkan dengan baik apakah anda mampu mengerjakan sendiri, apabila tidak maka saya sarankan hubungi jasa perbaikan. Sebelum menjalankan suatu DIY Project biasanya saya telah mengukur apakah pekerjaan itu dapat saya kerjakan sendiri dan pastinya saya sudah memiliki alat-alat yang dapat saya gunakan untuk perbaikan. Apabila tidak memiliki alat dan anda harus membeli untuk mengerjakan project temporer tersebut perhitungkan kembali apakah layak secara investasi alat. Contohnya bila anda harus memasang satu TV Bracket, anda perlu bor listrik paling tidak seharga 300 ribu, kecuali beberapa merek bagus hargnya bisa diatas 500 ribu. Jadi pertimbangkan lagi dengan memanggil jasa pasang mungkin hanya keluar duit 150 ribu daripada anda harus beli bor listrik seharga minimal 300 ribu.

Alat dan Bahan

  • Papan Gypsum sesuai lebar lubang yang mau ditambal. Bahan bisa dibeli di toko bangunan, atau dekati saja tetangga yang baru saja pasang gypsum di rumahnya biasanya ada sisa ukuran kecil, siapa tahu anda hanya perlu ukuran kecil.

  • List Gypsum sesuai panjang yang diperlukan dan sesuaikan dengan profil list yang anda. Untuk pesan list gysum bisa ke tukang pembuat list gypsum, dengan harga sekitar 30ribu per meter.

  • Bubuk gypsum untuk perekat. Cara membuat perekat adalah dengan mencampur bubuk gypsum dengan air. Lakukan dengan baik agar dapat kekentalan tertentu sehingga dapat tepat melekatkan profil dan board gysum ke dinding atau kerangka.

  • Alat yang diperlukan, gergaji kecil, penggaris, kawat buat pengikat tambahan, paku gypsum, kuas, cat sesuai warna.

Cara Pengerjaan :

  • Ukur bagian yang akan ditambal.

  • Buat potongan bagian penambal sesuai ukuran

  • untuk menambal plafond maka ukuran penambah harus benar-benar pas, lalu masukkan board penambal ke lubang lalu anda poles dengan adonan gysum basah, tunggu beberapa saat akan melekat. Lakukan finishing dengan amplas halus, dan dicat sesuai warna.

  • Untuk profil yang lepas, sebelum dibanti harus dibersihkan dengan baik tembok dan plafondnya lalu pasangkan list profil yang sebelumnya telah dioles gypsum basah. Tunggu beberapa saat sampai melekat. Finishing dengan amplas, lalu dicat.



Saya sertakan video youtube bagi yang ingin melihat proses urutan perbaikan plafond yang jebol. Pengalaman saya mengerjakan penambalan plafond dan list gysum hanya memerlukan biaya kurang dari 100ribu terdiri dari pembelian 2 meter profil list, satu kg gypsum, bahan lainnya saya kebetulan ada di rumah. Pengerjaan hanya sekitar 2 jam.

No comments:

Post a Comment

.