.

Search engine term, dasar pijakan blogger untuk mulai menulis.

Written by on ,
Search engine term itu apa? mari kita bahas ya, Ide dasar dari posting ini adalah simple, yaitu melihat di statistik di dashboard wordpress masing masing, lalu masuk ke bagian Search Enginge Term. Bahasan ini adalah untuk blogger di wordpress.com bukan untuk blogger yang memiliki self hosted wordpress, kenapa saya katakan demikian, karena sebagai blogger di wordpress memiliki keterbatasan menggunakan plugins tambahan. Blogger hanya bisa mengoptimalkan kekuatan / wibawa blog-nya di mata search engine dengan membuat tulisan yang berkualitas, dan yang penting adalah tulisan itu dicari orang. Kata-kata dicari orang artinya dibutuhkan orang, bisa saja dibutuhkan saat ini atau sepanjang masa. Bila dibutuhkan saat ini maka bisa saja menjadi trending sesaat, namun bila dibutuhkan hampir sepanjang masa berarti bagus, bisa kita tanam sebagai pondasi penguat blog kita di mata search enginer.

cara-meningkatkan-trafik-blog-dengan-analisa-search-engine-term

cara-mudah-memenangkan-persaingan-blog-dengan-menggunakan-keyword-dan-search-engine-term

Intinya gampang kok, dari hasil search engine term di dashboard masing masing kan ada hasil pencarian yang masuk ke blog kita, dengan term seperti apa orang terbawa masuk  ke blog kita, dari situ bisa dilihat berdasarkan waktu, yaitu hari ini, kemarin, rentang waktu mingguan, atau bahkan dalam rentang waktu sepanjang masa sejak blog anda diterbitkan sepanjang waktu.cara-efektif-blogging-dengan-menggunakan-search-engine-termNah pada gambar diatas, adalah posisi search engine term untuk rentang waktu all time high, dimana ada beberapa term yang sangat melejit sering membawa orang masuk ke blog saya. Ibaratnya dari sekian banyak content yang anda tulis, dengan atribut kategori dan tag, ternyata nantinya akan ada seleksi oleh search engine dan hasilnya adalah berupa list search engine term yang anda dapat lihat di dashboard masing masing, dari situ sebenarnya satu pijakan bagus untuk bagaimana kita melangkah selanjutnya, artinya setelah mengetahui term apa saja yang laku, atau bahasan apa saja yang banyak dicari orang maka dari situlah kita mulai posting lagi artikel terkait hasil tersebut. 


Konsep bekerja seperti ini sebenarnya meniru dari cara kerja beberapa plugins yang dapat mengenali search term tertentu dan menjadikannya tag dalam satu posting, kalau saya cenderung lebih suka menggunakan hasil search term menjadi satu hasil posting ke blog, sebuah cara yang menurut saya lebih efektif untuk bisa adaptif terhadap kebutuhan pembaca.

Menulis content berdasarkan artikel yang dicari orang, itu jauh lebih efektif dari pada sekedar menulis apa yang anda temui hari ini,  apa yang anda rasakan hari ini. Tidak dapat dipungkiri sebenarnya mostly blogger berkeinginan blognya ramai dikunjungi orang, reader, follower, intinya bukan dari sekedar posting per hari satu atau lebih artikel, tapi intinya adalah bagaimana menulis artikel yang dicari orang, kalau sekedar menulis artikel saja berdasarkan apa yang anda lihat atau alami, kadang hal itu belum merupakan hal yang dicari orang. Jadi disini kita mari coba bekerja lebih fokus dan efektif bagaimana membidik audience yang tepat, karena mendapatkan audience yang tepat bukan tidak mungkin seorang reader biasa kemudian akan berubah menjadi loyal reader, everyday reader atau follower setia anda.

Demikian sekilas bahasan tentang bagaimana menulis content yang efektif, berdasar hasil pencarian search engine term, dengan harapan mendapatkan respon positif dari audience, syukur-syukur bisa langsung memikat hati audience blog anda.

Jelajahi blog saya ini, karena saya mencoba banyak berbagi tentang pengalaman blogging atau lainnya.

No comments:

Post a Comment

.