.

Blog untuk mendukung usaha.

Written by on ,
Blog untuk mendukung usaha sebenarnya bisa dibuat, Bagaimana membuat blog yang mendukung bisnis anda ?

blogging-anywhere

Promosi bisnis di blog? kenapa tidak? terutama untuk blog self hosted atau yang di-hosting ke perusahaan hosting tersendiri, bukan seperti blog gratis maka sangat mudah membuat blog sepenuhnya menjadi pendukung bisnis anda. Beberapa blog gratis memberikan ketentuan tertentu sehingga anda tidak bebas sepenuhnya untuk mengiklankan produk produk anda di blog.

Memiliki blog dengan niche yang khusus sesuai dengan produk anda, maka sangat banyak keuntungannya, baik untuk usaha anda maupun untuk customer, apa saja keuntungan memiliki blog bagi anda yang menjalankan usaha? Simak paparan berikut ini

Membawa traffik pelanggan dari blog ke bisnis anda.
Dengan membuat blog, mengisinya dengan konten terkait dengan produk anda, maka lambat laun konten anda akan terindeks di google, sehingga bila ada orang yang mencari baik secara acak maupun spesifik ternyata google membawa calon pelanggan itu menuju ke blog anda. Ini adalah awal pertemuan anda dengan pelanggan, maka sediakan pula contact yang dapat berupa form mail, nomor HP, atau social media yang aktif, sehingga calon customer atau pembeli anda dapat segera menghubungi anda. Ini bisa jadi satu awal yang besar. Segala kemungkinan bisnis bisa dimulai dari pertemuan yang tidak terduga.

Menjadi pemain utama berkat google.
Bila anda pemain utama, atau pioner dalam bisnis tersebut bukan tidak mungkin posting anda akan memenuhi halaman pertama google, dan menjadikan anda sebagai dominator dalam bisnis itu, setidaknya dalam hal googling anda menduduki peringkat pertama, ini merupakan peluang besar bagi anda untuk bisa mendapatkan jalur menuju website anda, dengan kata lain customer bisa tahu produk anda bahkan ketika anda sebenarnya tidak memasang iklan apapun, hanya purely dari website anda yang sudah terindeks di google.

Meningkatkan Sales anda dengan biaya yang lebih murah
Dengan memiliki blog, anda dapat menjalin kedekatan lebih dengan customer anda, dan selain itu dengan blog anda dapat pula menyertakan satu page khusus untuk display produk anda, dengan satu aplikasi belanja online seperti plugins keranjang belanja di wordpress yang memungkinkan anda membuat satu system online shop, dengan display barang, keterangan, stock management, gallery produk, termasuk pula membuat chart dan checkout system, maka anda sudah bisa membuat online toko anda, sebagai pendamping dari toko offline anda. Suatu saat bukan tidak mungkin toko online anda akan memberikan sales yang lebih besar daripada toko offline anda, dari sisi Cost pun toko online sangat kecil biayanya, dan bisa dibuat automatic.

Meningkatkan Customer Engagement.
Dengan memiliki blog yang aktif, membahas tentang produk anda, maka customer anda tahu bahwa bisnis anda ada, aktifitas anda ada, dari sini kepercayaan dan engagement yang lebih akan terbangun dengan customer anda. Awal hubungan terbangun dari google, namun selanjutnya akan bisa menjadi hubungan bisnis yang erat. Demikian pula dengan blog anda bisa membuat customer tetap dekat dengan anda, dan produk anda. Dengan memiliki blog maka customer anda bisa secara instant menerima update tentang produk anda yang baru, kegiatan anda, testimoni, atau foto foto anda terbaru. Jelas sekali bukan ini adalah langkah membuat anda semakin dekat dengan customer. Customer engagement tidak hanya terbatas pada sales, tapi juga pada after sales services, termasuk complain handling. Dengan menyediakan satu jalur komplain membuat anda dipandang sebagai perusahaan yang care terhadap customer, tidak hanya memikirkan penjualan, tapi juga memikirkan bagaiman bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan anda. Ini adalah satu cara bagi anda untuk mendapatkan loyal customer, yang suatu saat akan sangat mungkin untuk repeat order, dan akan menularkan informasinya ke teman, sanak, saudara atau rekan kantor, bukankah ini suatu worth of mouth yang sangat menjual.

Bagaimana? sudah siap buat blog?

No comments:

Post a Comment

.