.

Membiasakan Diri Mengkonsumsi Buah

Written by on ,
Membiasakan Mengkonsumsi Buah

Salah satu pola makan sehat adalah makan makanan berserat tinggi, salah satunya didapat dari buah buahan. Selain kaya serat, buah buahan juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh. Buah buahan tidak perlu yang mahal, sebenarnya banyak diantara buah buahan yang murah namun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan tubuh.

manfaat-buah-bagi-tubuh

Rutinitas yang monoton dan kesibukan tinggi kadang membuat kami lupa untuk mengkonsumsi buah buahan. Kebiasaan makan buah sepertinya harus digiatkan kembali. Hal yang membuat saya kembali harus aktif mengkonsumsi buah karena beberapa hal, antara lain :

  • Tubuh memerlukan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah sedikit namun rutin setiap hari.

  • Serat tinggi dari buah buahan dapat membantu melancarkan pencernakan, membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh, dan memberikan rasa kenyang sehingga konsumsi makanan sumber karbohidrat lainnya bisa dikurangi. Tentunya hal ini akan membantu mendukung pola hidup sehat dari makanan.

  • Beberapa jenis buah berserat tinggi dapat digunakan untuk diet pengganti karbohidrat yang biasa saya makan, seperti saya mulai memvariaskan sarapan pagi dengan pisang plus oatmeal. Pada kesempatan lain mungkin saya akan membuat variasi makan dari umbi umbian. Pada kesempatan lain pula saya sebenarnya ingin membuat variasi menu sumber karbohidrat selama satu bulan. Variasi seperti ini selain bisa membiasakan perut untuk tidak harus makan nasi tentunya juga akan mengurangi konsumsi nasi.


Buah tidak harus yang mahal
Banyak jenis dan variasi buah yang bisa dikonsumsi, mulai dari yang lokal sampai yang import. Bagi kami sebenarnya yang utama adalah buah lokal saja, karena selain dari harga yang lebih murah, beberapa buah lokal hasil kebun di Balikpapan ternyata dapat dengan mudah diperolah, beberapa jenis buah lokal tersebut antara lain :

  • Pisang,

  • Buah Naga (Merah / Ungu )

  • Pepaya

  • Nanas

  • Pir


Buah buah lokal tersebut dapat dengan mudah dibeli di Balikpapan. Untuk pisang bisa dipesan dari Pak Lik Sayur (Tukang Sayur Keliling) atau dapat pula dibeli di pinggir jalan. Pisang saya jadikan buah yang wajib ada dalam menu harian saya. Sebagai seorang yang hobi olahraga maka pisang adalah teman akrab. Bisa dimakan setelah berolahraga untuk mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Pisang mengandung vitamin B dan C yang tinggi, dengan rasa yang tidak masam sehingga lebih ramah untuk lambung. Selain itu perpaduan serat tinggi dan  kandungan mineral pada pisang yaitu mangan, kalium dan sodium akan membantu menurunkan tekanan darah (mencegah darah tinggi). Serat Tinggi dalam pisang bermanfaat untuk mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh, sehingga mendukung program diet bagi sebagian banyak orang.

Begitu pula untuk buah naga, di sekitaran pinggir jalan Balikpapan banyak ditemukan penjual buah naga, dengan harga sekitar 15 ribu per kilogram. Untuk satu kilogram Buah Naga bisa berisi 3-4 buah. Buah Naga atau yang biasa disebut Dragon Fruit banyak mengandung air, memiliki kandungan nutrisi dan mineral antara lain potasium, zat besi, kalsium, sodium, dan memiliki kandungan protein yang tinggi. Buah Naga mengandung banyak zat besi atau ferum untuk penambah darah, selain itu kaya akan beragam vitamin B seperti B1,B2, dan B3. Selain itu yang tidak kalah penting juga mengandung vitamin C.

Untuk Nanas juga sangat murah, tidak perlu beli yang masih utuh, bisa lebih mudah beli yang sudah dikupas. Nanas Balikpapan menurut saya secara fisik besar dan manis. Nanas adalah buah yang tersedia sepanjang tahun, dengan harga yang murah namun dengan kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Selain itu Nanas juga mengandung vitamin A, B6, Thiamin, Kalsium, Fosfor, Betakaroten, Bromelain, Kalium, Mangan, Tembaga, dll. Serat tinggi dalam Nanas membantu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Buah lainnya yang tak kalah penting adalah pepaya, selain murah buah Pepaya juga sangat bagus untuk asupan. Kaya akan vitamin A, C, dan aktioksidan. Bersama serat serat makanan lainnya, Pepaya juga dalam menu harian akan membantu mempermudah buang air besar. Pepaya mengandung air yang tinggi, sehingga cocok untuk buah di daerah yang panas, untuk menjaga hidrasi tubuh tetap bagus.

Buah pir juga termasuk buah kesukaan saya karena selain memiliki kandungan nutrisi tinggi, serat tidak larut yang tinggi dengan rasa manis sedang, dan indeks glikemik yang rendah  membuat buah pir cocok untuk membantu program diet mempertahankan berat badan ideal, karena memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Bagi kami sebenarnya lebih penting untuk bisa mengkonsumsi buah setiap hari jadi pertimbangan mengkonsumsi buah lokal menurut saya lebih tepat, selain dari segi harga, juga karena mudah di dapat. Kemudahan itu membuat kami bisa makan buah tiap hari. Frekuensi menurut saya lebih penting, daripada makan buah yang lebih mahal tapi sebulan hanya dua atau tiga kali. Bukanlah lebih baik makan buahnya tiap hari?

Uraian diatas hanya sebagaian dari buah yang ada di sekitar kita. Satu buah mungkin memberi kandungan nutrisi, mineral, dan protein yang berbeda, maka dari itu mengkonsumsi secara bervariasi akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar daripada mengkonsumsi satu jenis buah secara terus menerus. Kembali saja pada pepatah, segala yang berlebihan adalah tidak baik, maka dari itu sudah seharusnya kita membuat menu makan termasuk menu makan buah yang bervariasi.

No comments:

Post a Comment

.