.

Weekend untuk Trader

Written by on ,
Weekend-nya Trader

Selamat pagi rekan trader, sekarang waktunya weekend, saatnya santai santai di rumah, jalan jalan, atau olah raga...

Weekend masih pada ngoprek chart?

Saya rasa banyak tuh yang masih bergelut dengan chart, atau membaca buku buku saham, atau paling tidak baca baca e-mail dari forum atau milis?

Weekend untuk belajar / baca buku saham.

Ya sama juga, dulu saya belajar lebih banyak pada weekend, kalau hari Senin sampai Jumat sibuk kerja kantoran, maka sempatnya membaca adalah malam hari, sekitar jam 8 – 9 malam, lumayan lah setiap hari bisa baca, antara 1-2 jam, kalau dilakukan rutin bisa menambah ilmu teori trading saham.

Membaca buku tapi tanpa praktek

Namun jangan kebanyakan baca ya, karena membaca untuk penyerapannya kurang maksimal kalau tidak dipraktekkan, apalagi kalau sekedar membaca dan tidak pernah dipraktekkan. Kebalikan dari pengarang buku saham ya yang menuliskan pengalamannya menjadi sebuah buku saham. Kalau pembaca buku saham, sukanya membaca buku tapi tidak mempraktekannya sehingga tidak terbentuk menjadi pengalaman.

Weekend saat tepat untuk maintenance alat alat trading.

Alat alat trading saya maksudkan disini adalah komputer, laptop, dan pendukung lainnya yang diperlukan selama trading. Kalau pas hari sibuk mungkin tidak sempat untuk defragement hardisk komputer, tidak sempat membersihkan file file sampah di komputer, nah saat weekend datang manfaatkan waktu untuk melakukannya, sehingga pada saatnya dipakai pada hari kerja maka semua peralatan trading dapat mendukung kerjaan dengan baik.

Olahraga

Bagi anda yang menjalani trading sebagai pekerjaan, anda persis dengan orang kantor yang harus duduk dari jam buka market pada pukul 9 pagi – jam 12 siang (WIB) dan dilanjut sampai market tutup pada pukul 4 sore. Selama waktu itu mungkin anda terpaku duduk di meja, memandang layar secara penuh, ini terutama untuk daytrader, namun tidak berlaku untuk swing trader, trader mingguan, bulanan, atau investor, karena mereka hanya sesekali memantau harga. Ketika anda banyak duduk terdiam dalam waktu lama, kondisi ini tidak bagus untuk badan anda, maka sempatkan pada pagi hari untuk peregangan / strecthing dan olahraga ringan. Ambil kesempatan olahraga rutin 2-3 kali seminggu ke luar rumah, seperti jalan, joggin, berenang atau bersepeda. Beberapa jenis olah raga memerlukan persiapan yang lebih seperti kalau anda ingin berenang, namun beberapa jenis olahraga dapat dilakukan dengan segera seperti jalan atau jogging, anda hanya perlu ambil sepatu lari dan pakaian olahraga.

Olahraga sesuaikan dengan kemampuan tubuh, dan jangan dipaksakan, yang penting adalah rutin dan kontinyu. Jalan kaki mudah dilakukan, setidaknya anda akan membakar kalori sebesar 50-60kcal per KM jalan kaki, sedangkan untuk jogging anda bisa membakar 70-90 kcal. Efektifitas pembakaran kalori terkait dengan heart rate

No comments:

Post a Comment

.