.

Pegawai nyambi Trading...

Written by on ,
Sore sobat trader semua...
Bagaimana tradingnya hari ini? semoga tetap cuan selalu...eh mungkin kurang tepat ya, yang lebih tepat semoga cuannya selalu melebihi cutlossnya... nah ini sepertinya lebih realistis sebagai trader, karena dunia trading itu ya seperti kita tahu semua, ada potensi untung dan ada pula potensi rugi.

trading-untuk-orang-kantoran

Nah kali ini saya ingin bahas tentang Trading sambil ngantor...atau Orang kantoran yang trading...ah ribet ya istilahnya, pokoknya seperti itulah.

Saya rasa banyak diantara rekan trader, yang selain ngantor sebagai pekerjaan utama juga melakukan trading, atau nyambi trading. Saya bisa cerita karena pernah ngalami juga bagaimana menjadi pegawai kantor yang juga trading, plus minusnya apa, untung ruginya apa dll dll

OK langsung saja mari kita kupas...

Kelebihan Orang kantor yang nyambi trading

  • Jelas, pertama ada gaji, jadi kecukupan duit jelas ada karena tiap bulan terima gaji.

  • Lebih sabar (harusnya) saat nunggu harga masuk ke area beli, karena saat harga belum masuk area beli ya tidak harus dipaksakan, kan tiap hari bukan trading day, jadi sabar saja ketika harga belum masuk di area support untuk membeli.

  • Secara psikologis harusnya lebih terlindungi karena tidak setiap saat melihat monitor, karena biasanya seorang trader yang membuka posisi lalu melihat posisinya minus biasanya sedikit banyak akan kepengaruh psikologinya.

  • Lebih terlindungi dari adanya over trading, karena tidak bisa mantengin layar terus menerus, bahkan sering hanya bisa melihat layar trading saat istirahat, sedang dalam perjalanan / luar kantor (misal seorang marketing),dll.


Kekurangan Orang kantor yang nyambi trading

  • Harus menggunakan timeframe yang tepat, karena memiliki kerja kantoran maka harus memilih timefame trading mingguan atau bulanan, tidak tepat ketika mengambil timeframe yang lebih pendek dari itu seperti one day trading, atau bahkan scalping, masa mau manteng layar monitor saat kerja kantor, kan bisa bisa bossnya marah.


Mungkin masih ada kelebihan dan kekurangnya yang belum saya tuliskan. Selanjutnya sedikit ada tips dari saya buat orang kantoran yang mau trading.

  • Tahu kondisi ekonomi meliputi isyu dunia, regional, dan dalam negeri, secara sekilas saja dari baca dari media online / news terkemuka yang bisa mudah diakses dari gadget, termasuk di dalamnya sekilas tentang nilai tukar beberapa mata uang major dan IDR, harga minyak, coal, dll, berita seperti ini sangat mudah didapat.

  • Kerjakan PR berupa chartwalking untuk mendapatkan saham pilihan, bisa anda punya program charting seperti Amibroker maka akan sangat membantu karena bisa melakukan filterring dengan AFL sesuai keinginan anda. Namun bila anda tidak memilikinya bisa menggunakan chart dari broker (online trading software) pasti semua broker memilikinya

  • Buat Trading Plan adalah langkah yang harus anda ambil setelah mendapatkan saham incaran dari chartwalking. Di dalam trading plan sudah ada size, entry, exit, take profit, dan moneymanagement.
    Tetap fokus pada kerjaan kantor, karena itu sumber hidup utama anda, mungkin susah ya memisahkan atau membuat tidak terbagi fokusnya, namun itu adalah konsekuensi anda, ketika anda mengambil kesempatan trading sambil ngantor, maka anda harus membuat trading plan dengan baik dan menerapkannya dengan disiplin.

  • Pasang Order, wajib dilakukan sebelum ngantor, supaya tidak kepikiran saat ngantor, nah beberapa sekuritas sekarang memberikan fasilitas order booking pada malam hari, nah fasilitas itu bisa anda manfaatkan dengan baik. Paling bagus bila dalam order booking tersebut anda bisa menjabarkan semua trading plan anda, jadi anda bisa entry posisi sesuai size anda, lalu pasang take profit, lalu pasang pelindung atau stoploss, nah bila anda sudah pasang semuanya dengan baik tentunya tidak perlu yang adanya ngintip order selama kerja, karena kalau memang harga masuk ke area beli anda, maka besar kemungkinan order anda akan done bila volume dan antrian anda disamperin, dan karena anda sudah pasang take profit maka seharusnya anda tenang, dna lebih tenang lagi karena anda sudah memasang stop loss?

  • Bersikap santai dan sewajarnya, jangan euforia ketika anda mendapatkan keuntungan dan jangan bersedih terbawa perasaan ketika anda rugi, anda harus bisa flat emosinya, kalau anda sampai terpengaruh emosinya, kan tidak enak dengan sebelah ketika anda terlalu senang mendapat keuntungan sambil sesekali lirik gadget karena trading sambil ngantor, lambat laun kiri kanan anda akan sebel juga. Nah bila anda sedang rugi, ya tetap harus santai, kerjaan kantor jangan sampai kena getahnya, itu sudah konsekuensi menjadi trader sambilan...


Pertanyaan saya, sudah ada kah yang memberikan fasilitas order booking selengkap itu? mungkin sudah ada...

No comments:

Post a Comment

.