.

Apa itu Miracast?

Written by on ,
Apa itu Miracast ?  Bagi pengguna gadget terbaru salah satunya Asus Zenfone 5, akan mendapati satu fitur yang terhitung baru yaitu Miracast. Apa sebenarnya miracast itu? kenapa dibenamkan dalam perangkat-perangkat terbaru saat ini?

Memang kalau dilihat saat ini banyak sekali fitur-fitur baru yang disematkan pada perangkat atau gadget, contohnya saja kemampuan mendeteksi gesture dari pengguna gadget, jadi pengguna gadget dimanjakan dengan satu fitur pendeteki gesture atau bahasa tubuh, sehingga gadget akan selangkah di depan dengan menduga terlebih dulu apa yang sekiranya akan dilakukan oleh pengguna, lalu gadget akan mencoba menawarkan (baca : menyapa pengguna) misalnya ketika pengguna mengalihkan pandangan dari layar maka secara otomatis camera mendeteksi itu dan akan mematikan atau mengurangi pencahayaan display sebagai bagian dari power management.


OK kembali lagi ke miracast, yaitu suatu koneksi nirkabel perangkat ke perangkat, dengan menggunakan jalur Wifi Direct, yaitu menggunakan sinyal WIFI dari masing-masing perangkat, untuk sending / transmit data.secara gampang koneksi miracast seperti koneksi bluetooth antar perangkat. Miracast mampu mengirim data berupa gambar, video, data antar perangkat yang memiliki kemampuan miracast. Teknologi miracast memungkinkan untuk melakukan mirroring isi android atau perangkat lain ke display yang lebih besar, seperti TV atau projector.


Belum banyak TV / Projector yang mendukung miracast

Memang belum semua perangkat TV atua projector saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi miracast. Namun para engineer segera membaca peluang, sehingga sekarang pun sudah banyak miracast dongle dengan port HDMI yang hanya perlu disambung ke televisi atau projector (tentunya yang memiliki port HDMI).

Dengan penambahan miracast dongle pada Tv atau projector maka TV atau projector menjadi miracast enabled, mampu menerima data dari perangkat lain seperti komputer, atau bahkan gadget android dengan teknologi miracast. Setelah antar perangkat telah handshaked maka selanjutnya dapat dilakukan mirroring antar perangkat. Ketika miracast di gadget sudah diaktifkan dan perangkat TV / projector telah diset ke HDMI input maka apa yang ada di layar gadget akan ditampilkan dalam mode HD di layar TV atau Projector.

Sekarang nge-game dari gadget bisa dilihat dan didengar langsung dari TV, terasa lebih dramatic. Atau bila ingin melihat film di gadget bisa juga dilakukan dengan miracast mirroring ini. Harga perangkat miracast dongle ini tidak mahal, harganya dibawah $50. Kalau anda ingin membelinya pastikan membaca detail manualnya, sebisa mungkin anda memilih yang memiliki kompatibiltas paling luas, sehingga selain bisa menerima komunikasi dari perangkat miracast juga bisa menerima dari perangkat chromecast.

No comments:

Post a Comment

.