.

Cara memantau penggunaan data internet di android.

Written by on ,
Cara memantau penggunaan data di android. Rekan blogger sudah pasti sangat akrab dengan koneksi internet. Karena koneksi internet mutlak diperlukan untuk bisa melakukan aktifitas blogging. Boleh dibilang saat ini tidak ada hari tanpa tersambung dengan internet. Dimanapun, kapanpun internet sudah menjadi barang kebutuhan utama.

Koneksi internet yang digunakan pun beragam, mulai dari fixed line seperti koneksi ADSL dengan kabel coaxial langsung ke rumah, yang biasanya disambung bersamaan /. digunakan bersamaan dengan line telepon atau fax. Ada pula yang menggunakan jalur optical fibre to to home, khusus koneksi ini hanya tersedia di beberapa kota besar saja. Dua jenis koneksi yang telah disebut ini termasuk jenis guided connection, secara teori memiliki kestabilan yang lebih baik dan tingkat data loss yang lebih rendah.

Koneksi lainnya adalah unguided connection dengan menggunakan media transmisi radio seperti wireless data connection dengan koneksi GSM yang sekarang sudah sampai pada koneksi LTE pada beberapa provider, namun secara umum masih banyak yang memberikan layanan pada GSM HSDPA / HSPA. Koneksi lain mungkin ada yang menggunakan satelit untuk remote area, jangan dibahas biayanya, sepertinya tidak cocok sekali untuk pemakaian perorangan. Saya sendiri hanya menggunakan koneksi GSM, sudah bersyukur bila dapat koneksi stabil di 0,5 Mbps, sudah sangat cukup untuk kerjaan blogging.

Bagi pemakai data internet unlimited mungkin tidak ada maslaah dengan quota internet, namanya juga unlimited, tentunya berapapun pakai data internet akan tetap bayar sama. Namun ternyata tetap berlaku FUP, dimana pada batas pemakaian tertentu speed koneksi akan turun.

Saya tidak menggunakna koneksi unlimited, saya hanya menggunakan koneksi paket sekitar 8 GB per bulan, dari dua provider, satunya menggunakan paket pra bayar, satunya menggunakan paket pascabayar.

Untuk koneksi internet dari paket pascabayar saya berlangganan data sekitar 8 GB, dengan koneksi saya rasakan lebih stabil di 2 Mbps, sehingga saya kadang gunakan bila saya perlu koneksi yang cepat, namun untuk kerjaan blogging biasa saya biasa gunakan speed yang lebih rendah.


Untuk menjaga agar saya tidak mengalami over quota pemakaian data saya satukan koneksi menggunakan perangkat android berbasis Jelly bean 4.3. dimana telah tersedia satu fitur untuk memonitor jumlah data yang melalui perangkat android tersebut. Saya bisa membuat threshhold sesuai keinginan saya, sekaligus bisa saya set untuk memberikan notifikasi bila pemakaian data telah mencapai quota tertentu. Selain itu saya juga bisa melihat aplikasi mana saja yang rakus data, misalkan fitur editing foto online atau lainnya sehingga saya bisa mengatur penggunaannya dengan lebih bijak. Saya tidak tergoda dengan embel embel macam macam, yang saya inginkan hanya koneksi

1 comment:

.