.

Cara simple melindungi kabel dari gigitan tikus.

Written by on ,
Kemarin temen kantor kontak saya, minta tolong dicarikan kabel printer untuk printernya. Saya jadi ingat, dulu sering punya masalah ketika mau print dokumen, ketika semua sudah siap, tinggal tekan tombol print, ternyata tidak ada respons dari printer. Beberapa kali dicoba juga tidak bisa, setelah dilihat lebih detail ternyata kabel printer sudah terkelupas sebagian. Tersangka pengigit kabel siapa lagi kalau bukan tikus kantor. Kalau sudah seperti ini tentunya kerjaaan jadi terganggu, apalagi kalau kerjaannya urgent, karena ngga lucu banget kan kalau alasan ke bos kerjaan tertunda karena kabel putus digigit tikus. Padahal sebenarnya alasan ini masuk akal dan memang menjadi masalah di banyak kantor.

Kenapa ada tikus
Kalau dirunut balik penyebab adanya tikus pastinya karena ada sumber makanannya. Dari mana sumber makanan, ya jelas dari makanan staff kantor. Baik berupa makan pokok atau yang berupa snack atau persediaan minuman sachet. Sisa ceceran makanan yang tidak dibersihkan, dan juga adanya tempat makan yang kadang tertinggal di tempat kerja akan mengundang tikus untuk datang. Ini terutama bila ada celah masuk yang memungkinkan tikus masuk ke dalam kantor melalui atab, sambungan antar bangunan, dll. Kebersihan kantor tentunya menjadi perhatian utama agar masalah tikus ini bisa teratasi, namun perilaku staff juga harus diatur, agar tidak makan di meja kerja, makan hanya di tempat khusus di ruang makan di kantor. Penyediaan tempat makan yang khusus dan penerapan peraturan tentunya akan membantu menjaga kebersihan kantor dari sisaa makanan yang menjadi sumber makanan tikus.

Memasang Pelindung kabel.
Kabel kabel bisa dibuat atau ditambah pelindung agar terhindar dari gigitan tikus. Penggunaan jaringan wireless akan sangat membantu mengurangi penggunaan kabel, karena komunikasi antar perangkat sudah menggunakan koneksi wireless seperti wifi direct, bluetooth transfer, atau protokol komunikasi nirkabel lainnya, selain ruangan jadi rapi juga sangat mudah ketika harus merubah layout ruang atau memindahkan perangkat kerja.

No comments:

Post a Comment

.