.

USB Tethering untuk membagi koneksi internet android.

Written by on ,
Aktifitas blogging erat sangat dengan yang namanya internet, mulai dari menulis, mengedit, publishing, dan socializing. Memang enak ketika mengetik content blog dengan laptop atau netbook, apalagi seperti saya yang merasa jauh lebih enak mengetik di keyboard daripada di layar touchscreen android, karena fungsi 10 jari menjadi tidak dapat akurat. Jari tidak dapat mendeteksi posisi alfabet dengan tepat tanpa harus melihat.

Walaupun lebih enak mengetik di keyboard, namun ada kalanya harus mengetik dari gadget baik android ataupun blackberry. Ketiganya merupakan gadget yang memerlukan koneksi internet. Jadi perlu berapa kartu kalau harus menghubungkan semua perangkat dengan internet, misalkan laptop dengan koneksi internet menggunakan modem GSM, kemudian gadget juga harus ada kartu dari provider internet. Kalau seperti saya kadang harus punya 3 kartu, satu untuk modem, satu untuk android, dan satunya untuk blackberry. Mesti keluar berapa duit untuk membiayai koneksi internet? Ya kalau dulu waktu masih terhitung mahal ya bisa habis 300ribuan untuk beli tiga kartu. Namun sekarang lebih murah karena kartu internet dari provider di Indonesia makin murah, masalah kualitas ya tahu sendiri ya, kadang cepat kadang lambat. Yang membuat lebih irit sekarang itu karena quota internetnyaa tidak hanya berlaku satu bulan, tapi bisa berlaku satu tahun. Jadi quota yang belum habis sebulan masih bisa dilanjutkan bulan berikutnya.

Walaupun saya isi masing masing gadget dengan kartu sendiri sendiri tapi kadang pula salah satu gadget kehabisan kuota internet, entah memang saya tidak dapat menemukan penjual dengan segera (misal lagi keluar kota) atau karena stok sedang tidak ada. Untuk mengatasi hal ini saya biasanya numpang koneksi internet android, dengan menggunakan mobile AP (Access Poin). Namun karena sifat dari koneksi Wifi adalah unguided karena menggunakan media radiasi gelombang elektromagnetik maka tetap saja ada loss yang hilang menjadi derau sehingga SNR (Signal to Noise Ratio) mengecil. Ini memang saya rasakan selama koneksi dengan Wifi. Nah untuk mengatasi hal ini saya biasanya tetap sharing koneksi internet tapi menggunakan kabel USB bawaan gadget, saya gunakan untuk membagi koneksi internet dengan menggunakan USB tethering.



Tanpa perlu install driver.
Satu netbook saya memang sudah terinstall Samsung Kies Driver, sehingga akan mendeteksi perangkat Samsung yang terkoneksi internet. Jadi wajar bila ketika saya colok kabel dan saya set aktif di USB tether maka koneksi internet di netbook akan tersambung tanpa setting apapun. Saya iseng mencoba menggunakan netbook punya istri yang belum saya install Samsung Kies, ketika saya colok ke netbook, dan saya aktifkan USB tethering ternyata bisa segera mendeteksi sendiri dan koneksi internet di netbook istri saya langsung tersambung. Ini jauh lebih simple dari setting modem GSM, karena hanya perlu dicolokkan dan diaktifkan settingnya lalu....tersambunglah koneksi internet di netbook dari android. Jadi pesannya, jangan lupa bawa kabel data ketika bepergian, siapa tahu harus membagi koneksi internet android.

5 comments:

  1. Karena lele aku rusak jadi aku tulis pakai TAb agak ribet namun ngak masalah dari pada ngak bisa ngeblog.

    ReplyDelete
  2. Belum selesai dibaikin ya mbak, wah hebat ngeblog pakai android, aku ngetik sedikit saja salah salah, gak cocok banget ngetik di android saya.

    ReplyDelete
  3. Eah aku sudah terbiasa kok mas, walau kadang agak tipo...

    ReplyDelete
  4. Kalau aku sering banget typo kalau pakai banyak jari (dua tangan). Kalau mau tidak typo ya harus mengetik 11 jari alias pakai telunjuk saja.

    ReplyDelete
  5. Haha aku pakai 3 jari, 2 jari kanan 1 jari kiri.

    ReplyDelete

.