.

Cara meningkatkan kinerja Android Jadul

Written by on ,
Saya ada android yang sudah berumur 4 tahunan, namun masih mulus fisiknya, demikian pula kinerja baterainya juga masih jempolan. Bisa bertahan sehari penuh, dengan load penggunaan normal untuk SMS, call, Whatsapp, BBM, browsing dan musik.
Memang termasuk barang jadul bila dibanding gadget keluaran sekarang, tapi urusan kemulusan boleh diadu, ini barang koleksi sendiri, jadi selalu dirawat dengan baik.

Namun namanya barang elektronik keluaran lebih dari 3 tahun tentunya ketinggalan secara teknologi gadget yang lahir setiap 3 bulan sekali. Namun demikian untuk pekerjaan normal seperti call, browsing, social media masih sangat mumpuni. Istilahnya dijual juga sayang karena harganya menyusut sangat drastis. Dulu beli seharga 4,8juta sekarang nilai pasaran hanya 1,6juta. Itupun dealnya tidak mudah, lebih sering ditawar hanya 1 juta. Kalau seperti itu lebih baik dikoleksi sendiri saja, toh kualitas juga masih sangat prima.

Namun ada spesifikasi hardware yang tidak bisa bohong, yaitu RAM yang kecil, padahal sudah menggunakan OS terbaru (Jelly Bean), untuk mengatasi gadget menjadi lemot salah satunya dengan memasang aplikasi tambahan untuk membersihkan sampah sampah file di gadget. Saya memasang wipe free, walaupumn gratis tapi hasil pembersihannya lumayan. Salah satu fiturnya bisa mencari junk file untuk kemudian ditawarkan ke kita untuk dihapus atau tidak. Untuk mendapatkan akses termudah pada aplikasi ini maka setelah terinstall segera bisa aktifkan widgetnya agar bisa cepat melakukan wipe untuk me-release memory terpakai.

No comments:

Post a Comment

.