.

Membuat Foto Multi Motion Image dengan kamera saku.

Written by on ,
Pada satu pagi, setelah antar anak sekolah, saya mesti nunggu beberapa lama karena ada undangan pertemuan orang tua murid SD yang membahas tentang kurikulum 2013. Orang tua diundang karena orang tua harus tahu tentang kurikulum 2013, yang memang beda dengan kurikulum 2006. Namun karena undangan baru jam 8 dan masih tersisa waktu satu jam, daripada bengong saya menuju ke pinggir pantai Teluk Balikpapan. Rencana hanya untuk menunggu saja sekitar 45 menit daripada nunggu di sekolah juga.

Saya ingat ada fitur multi motion di kamera saya, selama ini hanya tahyu fitur itu tapi belum pernah coba, karena memang belum ada objek yang pas untuk dicoba. Jadi fitur multi motion ini kamera akan merekan objek yang bergerak cepat dalam beberapa pengambilan gambar, dan kemudian hasilnya akan dibuat dalam satu gambar. Misalnya dalam 1 detik kamera mengambil 5 gambar, maka dalam sekitar 2-3 detik kamera akan ambil beberapa gambar lalu disatukan. Proses pengambilan gambar mengharuskan kamera dalam keadaan stabil, jadi perlu digunakan tripod, atau diletakkan di tempat diam. Untuk hasil terbaik saya selalu menggunakan timer 2 detik untuk memastikan kamera tidak goyang ketika saya menekan shutter tombol.



Langsung saja untuk pengaturan bisa langsung dilakukan dari kamera. Tidak perlu pengaturan lainnya karena ini adalah fitur bawaan kamera. Yang perlu dilakukan adalah menjaga kamera tetap diam saat pengambilan gambar. Pengambilan gambar dengan tangan tidak disarankan, karena kamera akan tidak berhasil melakukan proses editing karena kamera memberikan pesan kesalahan adanya kamera yang tidak stabil.

Berikut hasil multi motion image, terlihat mobil melesat dengan bayangan. Mungkin dengan beberapa kali percobaan dengan sudut pengambilan yang berbeda akan memberikan efek dramatis. Namun karena saya tidak sempat mengambil objek di luar mobil ya hasilnya hanya seperti yang tampak di gambar. Mungkin lain waktu saya akan update dengan objek lain seperti orang memukul bola golf, atau anak sedang bermain ayunan

2 comments:

.