.

Android untuk Diet dan Olahraga.

Written by on ,
Hari sudah menjelang sore saya baru mendapatkan ide mau menulis apa, padahal masih banyak yang harus saya tulis, namun dari pagi mood saya juga tidak terbangun...padahal sudah habis dua cangkir kopi dan ditemani kentang goreng hangat yang disajikan anak saya yang cantik langsung ke meja kerja saya...

OK...mumpung sudah mulai bangun mood menulis saya...Pada kesempatan sore ini saya ingin berbagi salah satu cara saya untuk melakukan (simple) weight management dengan menggunakan Gadget Android. Saya rasa sudah umum sebagian besar teman teman sudah menggunakan Android. Mulaiah explore dengan Android dan Apps yang tersedia di Google Play, karena banyak juga Apps yang gratis, bagus dan berguna.

Myfitnesspal adalah software weight management yang saya gunakan (untuk cara daftar bisa dilihat disini). Setelah rekan rekan melakukan input profile, maka Myfitnesspal akan menanyakan apakah tujuan menggunakan Aplikasi ini, misalkan apakah ingin menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan? berdasarkan data profile maka Myfitnesspal akan memberikan suggestion seperti dibawah ini.

fitness-goal

Net Calory didapat dari besarnya kebutuhan kalori sesuai profil saya dikurangi kalori terbuang karena aktifitas olahraga saya. Pada contoh, saya tidak ingin naik/turun berat, jadi saya hanya ingin stabil pada berat sekarang. Contoh yang saya gunakan memberikan hasil Net Calory harian sebesar 1990 kcal. Kebutuhan kalori ini berbeda beda tergantung pada jenis kegiatan . Kebutuhan kalori saya dapat dipenuhi dari 249 gr karbohidrat, 66 gr lemak, dan protein 100 gram setiap harinya.

Fitness Goal nilai ini didapat dari input aktifitas olahraga yang dilakukan. Disini terlihat ada fitness goal sebesar 340 kcal / week, nilai fitness goal ini didapat dari banyaknya aktifitas olahraga yang dimasukkan dalam setting profil. Saya hanya memasukkan olahraga seminggu sekali berupa running dengan lama waktu 60 menit / minggu. Padahal saya biasanya Running seminggu dua kali masing masing satu jam, dengan selingan berupa circuit training (atau HIIT, dapat dilihat pada posting saya disini) selama satu jam per minggu.

No comments:

Post a Comment

.