.

Membuat Power Backup dengan Inverter dan Aki Mobil

Written by on ,
Cara Membuat Power Backup dengan Aki Mobil dan Inverter. Tinggal di kota yang sering padam listrik membuat harus menyiapkan diri saat padam listrik, saya tidak mau kerjaan saya terganggu karena kalau mati listrik bisa 3-5 jam. Kerjaan saya semua memerlukan listrik. Memang sih ada banyak aktifitas yang bisa saya lakukan seperti membaca, membuat konsep tulisan, memotong rumput (manual, karena listrik mati), cuci mobil, atau ...ambil sepatu lalu running (kalau memang sesuai jadwal saya harus olahraga), atau kalau tidak ada pilihan lain dan cuaca sedang mendukung ya tidur saja...(jarang sih tidur siang).

Untuk membuat Power Backup saya menggunakan alat dan bahan sebagai berikut:

Aki mobil ukuran 40-70 Ampere, Tegangan 12 Volt, ada spesifikasi minimal arus aki yang dipersyaratkan alat Inverter (baca manual inverter)




Inverter, atau alat untuk mengubah tegangan DC 12 volt yang bersumber dari Aki menjadi tegangan AC 220 volt. Inverter ini ada yang sekaligus dilengkapi charger aki/baterainya. Cek posting saya tentang inverter


Charger aki, ini khusus apabila Inverter yang digunakan tidak memiliki fitur Charger.



Tempat aki agar aman in case ada kebocoran. Untuk tempat aki bisa dibuat sendiri dari wadah plastik yang muat ukuran aki, gunakan plastik yang kuat. Lubangi pada bagian atasnya untuk lubang nafas. Selama proses charging tutup bagian atas harus dibuka.





Tempat untuk instalasi sistem power backup, bisa dibuatkan rak dari kayu atau besi, pesan pada tukang kayu/las.

Set kabel / stekker / stop kontak untuk menyalurkan tegangan listrik ke peralatan listrik, bisa dirangkai sendiri atau beli satu set yang sudah jadi. Pilih yang berkualitas bagus.





-

3 comments:

  1. Nice info pakbro. Tp mungkin akan lbh eksekutabel (maaf pakai istilah aneh) bila dilengkapi diagram rangkaiannya dan urutan merangkainya, untuk pembaca yg awam spt saya dpt merangkainya sendiri. Tks.
    Good info anyway...

    ReplyDelete
  2. […] saya tulis dengan laptop dengan tenaga baterai karena saya memiliki power backup (lihat di sini dan […]

    ReplyDelete

.