.

Skema Rangkaian Back Up Power System dengan Inverter dan Aki Mobil

Written by on ,
Skema rangkaian inverter akan saya jelaskan, Setelah memahami konsep awal, peralatan, dan bahan yang diperlukan untuk membuat Power System di rumah dengan menggunakan Inverter dan Aki Mobil (dibahas disini), sekarang saatnya untuk mendesain sistem tersebut menjadi satu sistem yang kompak dan mudah digunakan.

Penempatan Inverter perlu mendapat perhatian agar dapat diakses dengan mudah pada saat diperlukan. Paling strategis adalah diletakkan dekat dengan power outlet atau stop kontak yang akan langsung melayani alat listrik seperti TV, Laptop, atau charger. Untuk itu paling tepat ditempatkan di dekat rak TV, dibawah meja. Pilih tempat yang agak tersembunyi namun mudah diakses seperti bawah meja, agar tetap aman dan jauh dari jangkauan anak.



Perhatikan sirkulasi udara ruangan, pilih tempat / ruang yang sirkulasi udaranya lancar karena sistem power ini akan menghasilkan panas pada saat bekerja. Namun alat ini sudah didesain untuk dapat menghalau panas dari desain casing logam dan sistem pendinginan.



Cara Pakai

Hubungkan Kabel (+) Plus berwarna Merah input inverter ke kutub Plus (+) aki, Hubungkan Kabel (-) Negative berwarna Hitam input inverter ke kutub Negative (-) aki. Penting : JANGAN TERBALIK karena akan membuat rangkaian short yang ditandai dengan putusnya ketiga fuse.

Setelah Input Inverter terhubung ke kutub aki dengan baik, maka lakukan tes dengan menyalakan inverter (tekan tombol kearah angka 1) apabila led menyala hijau maka tanda bahwa inverter bekerja dengan baik. Inverter siap digunakan. Ingat matikan dulu inverter sebelum menghubungkan dengan alat listrik.



Perhatikan apabila tegangan baterai sudah berkurang ditandai dengan bunyi alarm maka segera matikan power inverter, dan segera charging aki dengan charger khusus untuk inverter yang tidak memiliki charging sistem.

1 comment:

  1. […] Menulis karena banyak waktu luang. Banyak dari tulisan, ide menulis, dan foto foto untuk kelengkapan blog ini saya dapat ketika saya banyak waktu luang, terutama saat mati lampu. Bila anda pembaca setia blog ini, tentunya anda akan menemukan banyak kosa kata mati lampu. Karena kebetulan memang saya tinggal di kota dengan frekuensi mati lampu yang sering, sehingga saya bisa banyak waktu luang ketika menunggu dagangan laku dan ketika sedang menunggu mati lampu. Ketika dalam penantian tersebut saya tidak ingin energi terbuang percuma, apalagi hanya untuk menggerutu karena kecewa mati lampu. Banyak saya bisa menulis ketika tidak ada listrik, kadang saya lakukan bahkan hanya dari Blackberry saya, atau seringnya saya tulis dengan laptop dengan tenaga baterai karena saya memiliki power backup (lihat di sini dan sini). […]

    ReplyDelete

.