.

Review Running 1 Juni 2014

Written by on ,
Review Running 1 Juni 2014

Berikut saya sampaikan review latihan fisik saya kemarin, berupa jogging diawali dengan streching dan warming up dengan jalan kaki, dan diakhiri dengan cooling down dengan jalan kaki pula dan peregangan.

tabel 1 juni 2014 watermarik

 

Dari perhitungan dengan menggunakan Endomondo (lihat postingan saya tentang Endomondo disini)  di dapatkan hasil sebagai berikut,

 

Pembakaran kalori untuk running 6 KM

Juni tgl1 run

 

Dengan heart rate berkisar 105 - 125 bit per second, didapat pembakaran kalori sebesar 393kcal, dengan memasukkan parameter heart rate maka endomondo bisa memperkirakan jumlah kalori terbakar dengan lebih baik. hal ini berbeda bila data heart rate tidak disetakan, maka kalori terbakar lebih dari 420kcal, dari sini disimpulkan endomondo akan menghitung secara umum berdasarkan parameter umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, cuaca (gadget harus dalam kondisi terkoneksi ke internet untuk mengambil data cuaca), sehingga apabila data diatas lengkap maka endomondo bisa memberi prediksi lebih baik.

Juni tgl1 walk

 

Pada hasil pengukuran dengan endomondo diatas, untuk kondisi cooling down berupa jalan kaki dengan jarak 1.25KM lebih digunakan untuk menurunkan heart rate secara gradual kembali ke kondisi biasa atau kondisi aktifitas biasa, dari hasil perhitungan manual di dapat heart rate yang cukup tinggi sekitar 120 bpm, ini dikarenakan adanya jalur menanjak yang cukup panjang pada jalur jalan kaki ini. Untuk mengantisipasi supaya tetap rendah maka saat melibas jalur tanjakan bisa menurunkan speed jalan, karena memang tujuannya untuk pendinginan, bukan untuk masuk zona latihan. Bagi rekan yang belum membaca postingan saya untuk review latihan sebelumnya bisa lihat disini.

Syukur akhirnya saya ucapkan bisa berolahraga ringan pada minggu ini, karena memang olahraga itu penting untuk kita jalankan bersama. Semoga rekan semua bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan berolahraga.

No comments:

Post a Comment

.