.

Cara Periksa Baterai Laptop

Written by on ,
Cara periksa baterai laptop. Salah satu laptop yang saya miliki sudah berumur 4 tahun lebih. Sekitar setahun lalu sudah tidak bisa digunakan dengan maksimal, setelah di-charge penuh (sesuai indikator dan pembacaan pada menu baterai) ternyata hanya bertahan tidak lebih bari 15 menit saja hanya untuk posisi standy by,bukan untuk pekerjaan berat. Setelah cek harga baterai original sesuai merk, harganya sekitar 450ribu untuk Netbook,sedang untuk Laptop sekitar 800ribu.



Melihat laptop sudah berumur 4 tahun lebih (masa garansi hanya satu tahun, masa garansi sudah habis) saya berpikir ulang untuk membeli baterai baru, karena saya seringnya menggunakan laptop di rumah saja, karena ada masih ada laptop lain yang khusus untuk keperluan mobile yang lebih ringan dan lebih besar kapasitas baterainya. Untuk menggunakan laptop sehari hari saya langsung menghubungkannya dengan UPS (Uninterruptible Power Supply). Sedang apabila mati lampu saya hubungkan UPS ke Power Backup yang telah saya tulis disini


Gambar diatas adalah dua baterai laptop,salah satunya yang lebih kecil adalah baterai netbook untuk ukuran layar sekitar 10 inch.Sedang yang lebih besar adalah untuk laptop dengan ukuran layar sekitar 14 inch. Dalam kondisi normal netbook atau laptop diatas bisa beroperasi sekitar 2 jam.



Lihat Spesifikasi baterai laptop, apabila anda ingin mengganti pastikan bahwa spesifikasinya sama persis. Di pasaran akan anda temui beberapa merk baterai laptop, anda bisa mengganti baterai laptop anda asalkan spesifikasi dan ukuran sama.



Untuk membuka baterai laptop dapat digunakan mistar besi. Pelan pelan sisipkan mistar besi, sampai bagian ujung mistar masuk ke celah, lalu putar ke kanan/kiri sampai ada bunyi klik bahwa socket tempat baterai telah terlepas, lalu buka dengan tangan. Untuk membuka harus dari pinggir, karena pada bagian tengah terdapat board rangkaian elektronik. Jadi harap dilakukan hati hati.





Baterai laptop menggunakan baterai jenis 18650, di pasaran banyak tersedia baterai jenis ini. Pada kesempatan lain saya akan posting cara pengukuran tegangan baterai.

Perhatian :
Segala apa yang ditulis di blog ini, hanya sebagai pengetahuan. Tidak disarankan anda melakukan penggantian sparepart sendiri apabila tidak memiliki dasar pengetahunan dan skill elektronika. dan bahwa membuka bagian bagian dari peralatan elektronik seperti di blog ini sudah pasti akan membatalkan garansi. Dalam blog ini saya buka baterai laptop untuk pengetahuan saja, dan baterai laptop dan laptop saya sudah habis masa garansi.

No comments:

Post a Comment

.