.

Basmi Lembab pada Alat Elektronik

Written by on ,
Basmi Lembab pada Alat Elektronik - Hobilari. Bagi anda yang banyak memiliki alat elektronik atau elektrik, mungkin pernah berfikir bagaimana cara menyimpan yang aman dan bebas lembab. Alat tersebut seperti kamera, lensa camera, lampu flash, camcorder, lampu sorot, telescope, infrared thermometer, termasuk pula peralatan elektrik lain seperti bor listrik, grass cutter (lihat postingan saya tentang grass cutter disini) , dan lainnya.



Penyimpanan yang benar tentunya akan memperpanjang umur alat alat tersebut. Berikut cara simple untuk menyimpan alat alat elektronik / elektrik dengan cara yang simple. Bahan dan alat yang dipelrukan dapat anda temukan dengan mudah dan murah, sebagai berikut

  • Plastic Wrap, beli yang berkualitas bagus.

  • Selotip (bila perlu untuk memperkuat bungkusan)

  • Gunting

  • Silica Gel (untuk menyerap kelembapan)

  • Wadah kedap udara.

Cara membungkus peralatan cukup mudah, ikuti langkah simple berikut ini



Buka plastic wrap kira kira selebar dua kali bodi alat elektronik yang akan dibungkus, disini saya kasih contoh kamera saku. Potong dengan gunting, lalu pegang salah satu sisi dengan kuat dan gulungkan ke bodi kamera sambil ditarik plastic wrapnya agar plastic wrap dapat membungkus kamera dengan ketat.


Untuk membungkus alat lain, seperti pada contoh saya membungkus grass trimmer, maka bungkus saja bagian yang terdapat komponen elektrik dan celah celah pendingin, bagian ini rentan sekali kemasukan debu atau menjadi sarang semut. Pengalaman saya dulu hand mixer pernah jadi sarang semut karena tidak  dibungkus plastic wrap dan juga jarang melakukan pengecekan alat karena alat hanya disimpan dalam gudang.



Untuk mendapatkah hasil terbaik ulangi pada lapisan kedua, selama memasang plastic wrap,jaga agar plastic wrap membungkus dengan ketat agar udara tidak masuk ke alat, dan tidak ada celah masuk bagi semut untuk bersarang di di dalam alat.


Untuk hasil maksimal, tambahkan silica gel sesuai ukuran, dengan cara dibungkus bersama dalam lapisan plastic wrap. Untuk peralaran yang kecil dapat disimpan di dalam wadah kedap udara seperti tupperware, carilah ukuran yang sesuai dengan alat. Beberapa alat dapat dijadikan satu dan didalam wadah ditaruh satu kantung silica gel agar peralatan anda bebas lembab. Mainkan kreasi anda untuk membungkus dengan baik dan rapi.

Salam Creative !

1 comment:

  1. […] tangguh kinerjanya. Ini karena setiap selesai digunakan selalu saya rawat dan simpan dengan baik (baca cara merawat di sini) . Mesin potong rumput tenaga bensin jelas lebih mahal kisaran harga Rp 1-2,5 juta tergantung […]

    ReplyDelete

.