.

Maximum and Target Heart Rate

Written by on ,
Maximum Heart Rate dan Target Heart Rate
Bahasan dari hobilari kali ini terkait Heart Rate, penting sekali bagi runner atau orang yang suka aktifitas olahraga untuk memahami heart rate ini. Sebelum melakukan olahraga setidaknya sudah mengetahui batas kemampuan berdasar kondisi kesehatan, umur, jenis kelamin, dan parameter kesehatan lainnya. Pastikan anda tidak memaksakan diri dan bila perlu bisa konsultasi ke dokter olahraga terlebih dahulu.

Beberapa parameter heart rate yang jadi perhatian adalah rest rate atau heart rate pada saat istirahat ( contohnya tidur), saat aktifitas normal (pada umumnya orang), sesaat sebelum olahraga, setelah olah raga, dan heart rate maximum. Untuk mendapatkan hitungan heart rate dari berbagai kondisi itu maka kita harus hitung sendiri manual secara sampling beberapa kali. Baru didapat nilai yang mendekati (rerata dari beberapa percobaan) Bila anda memiliki peralatan wearable device yang telah dilengkapi dengan optical sensor untuk membaca heart rate maka anda bisa melihat peta heart rate dari waktu ke waktu.



Maximum Heart Rate adalah nilai tertinggi dari Heart Rate, nilainya tergantung pada umur, seperti dilihat dari rumus berikut

HR Maximum = 220 – umur

Formula diatas adalah yang paling umum dan mudah digunakan untuk mengetahui Heart Rate Maksimal.



Target Heart Rate

Target Heart Rate adalah Heart Rate yang akan dicapai untuk suatu tujuan tertentu, seperti pembakaran lemak, kebugaran secara umum, perbaikan kardiovaskular, dan ketahanan.. Misalkan saya hitung sebagai berikut

tabel-zona-latihan

Umur : 40

Heart Rate Maksimum sebesar 220 – 40 atau didapat nilai 180 beat per minutes.

Target Heart Rate latihan yang efektif untuk membakar lemak adalah pada zona 70-80% dari maksimum Heart Rate atau sekitar 126 - 144.

Misalnya dari pembacaan heart rate monitor saya berolahraga pada hitungan 150 BPM (bit per minute) maka nilai tersebut berada pada zona 80% untuk umur saya sekitar 40tahun. Untuk diketahui dan dipedomani agar berlatih pada zona efektif dan zona aman. di kisaran 70% - 80% (maksimum).

1 comment:

.