.

Cara Simple dalam Pengaturan Berat Badan dan Fitness.

Written by on ,
Posting ini adalah seri posting Bahasa dari posting saya tentang Simple Weight and Fitness Management disini

Saya ingin sharing tentang cara simple dalam mengatur berat badan dan memilih program kebugaran. Saya sendiri menyusun program ini dengan tujuan supaya sehat dan memiliki berat ideal. Untuk mencapai tujuan itu saya membuat program yang simple, yang terdiri dari pengaturan berat badan (dari pengaturan makanan) dan menjalankan program kebugaran (saya memilih cara mudah dengan running karena sesuai dengan kesibukan saya yang hanya punya waktu luang sedikit.

[caption id="attachment_532" align="alignnone" width="568"]weight-management Profile based on age, height, weight[/caption]

Profile dan Aktifitas Saya
Sebelumnya, saya sampaikan, saya umur 38 tahun, tinggi badan 170 cm, dengan berat badan sekarang sekitar 70kg. Tujuan saya hanya mempertahankan berat badan pada angka 70kg, saya ingin tetap sehat dan bugar. Aktifitas harian saya dengan pekerjaan di meja sekitar 6 jam, dan pekerjaan di luar ruang sekitar 6 jam.

Pengaturan Makanan dan Diet
Saya pikir sangat penting untuk tahu berapa banyak kalori dan jenis gizi yang masuk dalam diet sehari hari. Untuk itu, supaya mudah saya gunakan saja aplikasi yang gratis dan berguna untuk menghitung kebutuhan kalori dan jenis zat gizi yang saya makan. Untuk keperluan penghitungan ini saya menggunakan Myfitnesspall. Pada posting saya terdahulu telah membahas cara install Myfitnesspal (bisa dicek disini). Sesuai perhitungan dari aplikasi itu, didapatkan nilai kebutuhan kalori net (net calories) saya per hari sebesar 1980 kcal per day. Nilai ini adalah net setelah dikurangi kalori keluar karena olahraga. Hasil dari perhitungan Myfitnesspal adalah sebagai berikut :

[caption id="attachment_525" align="alignnone" width="546"]calorie-need Calorie Need per day.[/caption]

Dari tabel diatas, saya hanya perlu kalori bersih sebesar 1980kcal, dibandingkan dengan menu makan saya per 26 Juni 2014 sebesar 1983kcal (tanggal 26 Juni 2014 sebagai contoh saya membuat perhitungan pada tanggal tersebut). Rincian kalori yang sebesar 1983kcal adalah dari input menu makanan dibawah ini.

[caption id="attachment_527" align="alignnone" width="700"]effective-weight-management-breakfast Breakfast[/caption]

[caption id="attachment_529" align="alignnone" width="700"]effective-weight-management-lunch Lunch[/caption]

[caption id="attachment_530" align="alignnone" width="700"]effective-weight-management-snack Snack[/caption]

[caption id="attachment_528" align="alignnone" width="696"]effective-weight-management-dinner Dinner[/caption]

Anda dapat berkreasi dengan makanan kesukaan anda, yang penting adalah anda tidak melebihi jumlah kalori bersih yang diperlukan sehari berdasarkan perhitungan aplikasi Myfitnesspal.

Olahraga
Saya menyadari, bahwa manfaat terbesar akan didapat bila saya dapat melakukan pengaturan berat dengan pengaturan makanan dan melakukan olahraga, maka dari itu saya menjalankan olahraga dua kali seminggu. Olahraga yang saya pilih adalah lari jarak medium sekitar 5 KM per running, dengan  waktu tempuh sekitar 1 jam. Ini bukan merupakan lari cepat, tapi sekedar jogging sebagai continuous aerobic dengan tujuan untuk kebugaran dan pembakaran lemak. Jadwal olahraga saya adalah sebagai berikut :

[caption id="attachment_509" align="alignnone" width="628"]jadwal-lari Running Schedule[/caption]

Bila anda ingin mengetahui posting saya tentang variasi latihan dapati dilihat disini

2 comments:

  1. Wah aplikasinya komplit banget ya.. Pengen nyobain.

    Meskipun sudah tidak muda lagi tp punya badan ideal. Saya salut sekali.
    Saya yang masih muda tp kurang ideal, tinggi 171 berat cuma 60

    ReplyDelete
  2. Halo Mas Ferdy, iya itu sekedar aplikasi simple dengan menggunakan Android, dan aplikasinya gratis, bisa diakses dari web juga. Jadi mudah untuk melakukan penghitungan kalori... Mungkin Mas Ferdy mau nyobain...Silahkan....

    ReplyDelete

.