.

Bahaya Memasak Sambil Update Status

Written by on ,
Sepertinya sudah banyak yang tahu bahwa dilarang menyetir sambil menggunakan handphone, baik untuk menelepon, atau texting (SMS, update status di social media). Karena menggunakan handphone saat berkendara jelas akan memecah konsentrasi, dan bisa berakibat sangat fatal. Larangan ini wajib diketahui dan disadari bersama demi keamanan dan keselamatan pengendara dan orang lain.

[caption id="attachment_237" align="alignnone" width="300"]safety-rule-dilarang-masak-sambil-buka-sosial-media Akibat memasak sambil update status[/caption]

Bagi saya ada tambahan safety rule yang berlaku di rumah, yaitu dilarang menggunakan handphone saat sedang masak. Memasak disini saya artikan semua aktitifas yang yang melibatkan kompor yang menyala, karena saya memandang resiko bisa meningkat karena teledor, atau lupa pada saat memasak atau menunggu air mendidih atau masakan matang, biasanya digunakan untuk baca status, atau update status, baca grup dan lain lain, sehingga dikhawatirkan bisa lupa kalau sedang memasak. Hal ini pula sebenarnya berlaku apabila sedang mengantuk dan kemudian memasak, karena saya ada beberapa teman yang kalau mengantuk bisa segera tidur kalau sudah ketemu sofa/kursi, jadi bisa berbahaya kalau dia sedang memasak air untuk buat kopi dan karena sangat mengantuk maka dia tertidur saat menunggu air masak.

Terus solusinya bagaimana dong? Masa hanya bisa membuat larangan untuk tidak boleh menggunakan handphone saat memasak. Saya kasih solusi, kalau mau masak, jauhkan dulu handphone. Dan bagi yang mudah tidur karena ketemu sofa, maka saat memasak air untuk kopi, harap ditunggu dengan berdiri di dekat kompor saja, cara ini saya rasa akan mencegah tertidur di kursi. Kelihatan simple, tapi ini benar terjadi pernah ada orang menunggu lampu merah saja bisa tertidur.

No comments:

Post a Comment

.